Pengaruh Tayangan Drama Korea Di Televisi Terhadap Minat Wisata Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi ke Negara Korea Selatan / Michiko Tendean / 68100574 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki

Tendean, Michiko (2014) Pengaruh Tayangan Drama Korea Di Televisi Terhadap Minat Wisata Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi ke Negara Korea Selatan / Michiko Tendean / 68100574 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (760kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh tayangan drama Korea di televisi terhadap minat wisata mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi ke negara Korea Selatan. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya atau multikultur. Dengan adanya multikultur, Indonesia tetap damai dan menghargai akan nilai-nilai yang terkandung di dalam budaya tersebut. Komunikasi saling berkaitan erat dengan budaya. Tetapi Indonesia juga merupakan salah satu Negara yang mendapat pengaruh kebudayaan luar, hal ini juga dikarenakan karakter masyarakat Indonesia yang cenderung suka meniru, mulai dari kebudayaan Amerika, Jepang, dan sekarang kebudayaan yang masuk dan mulai menjamur di Indonesia adalah kebudayaan Korea. Dampak Budaya Korea begitu populer di Indonesia karena banyaknya drama Korea yang masuk ke stasiun televisi Indonesia. Televisi sebagai salah satu media elektronik dalam komunikasi massa yang dianggap telah berhasil dalam menjalankan fungsinya untuk memberikan siaranin formasi, hiburan, dan pendidikan kepada masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan rumus statistik untuk membantu menganalisa data dan fakta yang diperoleh. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner yang berjumlah 200 kepada 133 responden mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 17.0. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat pengaruh tayangan drama Korea di televisi terhadap minat wisata mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Stud iIlmu Komunikasi ke negara Korea Selatan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji koefisien determinasi, yang menguji seberapa besar pengaruh tayangan drama Korea di televise dan minat wisata ke Korea dan hasilnya sangat berpengaruh yaitu 85,5%. Tayangan drama Korea di televisi memiliki pengaruh terhadap minat wisata mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi ke negara Korea Selatan. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Stud Ilmu Komunikasi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Tayangan Drama Korea; Televisi; Minat Wisata; Mahasiswa; Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Program Studi Ilmu Komunikasi; Korea Selatan
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:41
Last Modified: 03 Apr 2023 04:41
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item