Pengaruh Komunikasi Visual Cantik Fest pada Tokopedia terhadap Minat Beli Konsumen Wanita di Jakarta / Marilyn / 68180190 / Pembimbing : Tony Sitinjak

Marilyn, Marilyn (2022) Pengaruh Komunikasi Visual Cantik Fest pada Tokopedia terhadap Minat Beli Konsumen Wanita di Jakarta / Marilyn / 68180190 / Pembimbing : Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (587kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Manusia dipermudah dengan kemajuan teknologi dimana konsumen dapat berbelanja secara daring dimanapun dan kapanpun melalui platform E-Commerce. Tokopedia memiliki salah satu kampanye terbesar yaitu “Cantik Fest” dan menciptakan suatu komunikasi visual salah satuya melalui tampilan banner yang terdapat di dalam aplikasi Tokopedia dimana hal ini berkaitan dengan bagaimana calon pembeli akan tertarik untuk berbelanja secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang pengaruh komunikasi visual “Cantik Fest” yang dituangkan salah satunya dalam bentuk banner pada beranda aplikasi Tokopedia terhadap minat beli konsumen wanita di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori Behaviorisme, teori stimulus-respon dan komunikasi visual untuk menjelaskan stimulus yang diterima melalui banner “Cantik Fest” dapat menimbulkan respon yaitu minat untuk membeli produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada penduduk wanita di wilayah Jakarta yang memiliki aplikasi belanja online Tokopedia sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari uji analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (komunikasi visual) mempengaruhi variabel Y (minat beli) yaitu terdapat pengaruh komunikasi visual “Cantik Fest” pada Tokopedia terhadap minat beli konsumen wanita di Jakarta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian variabel komunikasi visual mempengaruhi variabel minat beli sebesar 88,9%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah dengan melakukan pengujian kepada 99 responden kepada penduduk wanita di Jakarta yang memiliki aplikasi Tokopedia, dinyatakan adanya pengaruh komunikasi visual “Cantik Fest” yang dilakukan oleh PT. Tokopedia terhadap minat beli konsumen wanita di Jakarta.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Belanja Online; Komunikasi Visual; Banner elektronik; Market Place; E-Commerce; Minat Beli; Cantik Fest; Tokopedia; teori Behaviorisme; teori stimulus-respon
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:11
Last Modified: 13 Jan 2023 07:32
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item