Pengaruh Brand Trust dan Promosi Penjualan terhadap Niat Beli Ulang pada Marketplace Tokopedia / Prisca Hartanti / 21180083 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih

Hartanti, Prisca (2022) Pengaruh Brand Trust dan Promosi Penjualan terhadap Niat Beli Ulang pada Marketplace Tokopedia / Prisca Hartanti / 21180083 / Pembimbing : Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (996kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (830kB)

Abstract

Saat ini, perubahan terjadi begitu cepat dalam aspek-aspek kehidupan, mulai dari perekonomian, pariwisata, pendidikan sampai teknologi. Perubahan ini membawa dampak positif dan negatif. Di sisi lain, perkembangan teknologi ditandai dengan maraknya media sosial yang bisa diakses dengan internet. Dengan media sosial membuat semua orang di dunia bisa berinteraksi dengan mudah. Dalam upaya untuk mempertahankan bisnis dan menstabilkan pendapatan di masa pandemi Covid-19 ini, banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan berjualan melalui e-commerce atau berdagang online. Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak e-commerce, salah satunya yaitu Tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui niat beli ulang pada marketplace Tokopedia melalui brand trust dan promosi penjualan. Menurut Delgado (2005:2) dalam Iendy Zelviean Adhari (2021) kepercayaan merek atau brand trust adalah adanya harapan atau kemungkinan yang tinggi bahwa merek tersebut akan mengakibatkan hasil positif terhadap konsumen.Menurut Kotler dan Keller (2016:582), promosi penjualan adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau layanan termasuk promosi konsumen (seperti sampel, kupon, dan premi), promosi perdagangan (seperti tunjangan iklan dan display), dan promosi bisnis dan tenaga penjualan (konteks untuk tenaga penjualan). Menurut Suryana dan Dasuki dalam Ida Ayu Putu Dian Savitri dan I Made Wardana (2018), niat membeli ulang adalah kecenderungan perilaku membeli dari konsumen pada suatu produk barang dan jasa yang dilakukan secara berulang dalam jangka waktu tertentu dan didasarkan pada pengalaman yang telah dilakukan dimasa lampau. Objek penelitian ini adalah Marketplace Tokopedia. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah mendengar dan melakukan pembelian pada marketplace Tokopeda dimana teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan judgement sampling (pemilihan sampling yang didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu) dengan ukuran sampel yang akan diteliti sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi dimana akan disebarkan kuesioner melalui media Google Form kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi ganda dengan menggunakan SPSS 20.0 Dengan total responden 100 orang dan terbagi atas wanita dan pria. Responden di dominasi oleh rentang usia 15 – 24 tahun dengan status mahasiswa. Penelitian yang telah diujikan sebelumnya telah dijawab oleh responden untuk mengukur variabel independen (brand trust dan promosi penjualan) dan terbukti valid dan reliabel maka indikator dan item pernyataan pada penelitian ini dapat digunakan. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, diperoleh hasil bahwa respoden sangat setuju bahwa brand trust dan promosi penjualan terhadap niat beli ulang sudah sangat baik serta mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Sehingga hipotesis penelitian ini terbukti dapat diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah brand trust dan promosi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli ulang pada Marketplace Tokopedia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Brand Trust; Promosi Penjualan; Niat Beli Ulang; Perilaku Konsumen; Bisnis Online; E-Commerce; Market Place; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:27
Last Modified: 06 Jan 2023 04:27
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item