Chrisnada, Stephen (2022) Pengaruh Electronic Word of Mouth di Instagram dan Sales Promotion terhadap Minat Beli Konsumen Bittersweet by Najla / Stephen Chrisnada / 29180294 / Pembimbing : Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (774kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (554kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (598kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Kondisi ekonomi serta ekosistem digital yang terus mengalami perkembangan pesat, berdampak juga kepada bidang usaha makanan dan minuman hingga saat ini. Kebutuhan dan minat beli masyarakat Indonesia tersebut mendorong munculnya berbagai bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Bittersweet by Najla merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang tersebut. Dikarenakan persaingan yang ketat berbagai cara dilakukan oleh pengusaha agar bisnis mereka dapat menarik minat beli konsumen, seperti salah satunya adalah melalui electronic word of mouth di Instagram dan sales promotion. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh electronic word of mouth di Instagram dan sales promotion terhadap minat beli konsumen Bittersweet by Najla. Variabel independen pertama pada penelitian ini adalah electronic word of mouth yang terdiri atas beberapa indikator yaitu platform assistance, venting negative feelings, concern for other consumers, extraversion/ positive self-enhancement, social benefits, helping the company, dan advice seeking. Variabel independen kedua adalah sales promotion yang terdiri atas beberapa indikator yaitu potongan harga, kupon belanja, dan penjualan langsung. Dan variabel dependen yang digunakan adalah minat beli konsumen yang terdiri atas beberapa indikator yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Objek dari penelitian ini adalah Bittersweet by Najla, dan subyeknya adalah konsumen Bittersweet by Najla. Sampel yang diambil sebanyak 148 responden dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan kriteria responden memiliki Instagram dan pernah membeli serta mengkonsumsi produk Bittersweet by Najla. Dan, data yang ada diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil pada penelitian yang dilakukan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara electronic word of mouth di Instagram dan sales promotion terhadap minat beli konsumen Bittersweet by Najla. Dimana electronic word of mouth di Instagram memiliki pengaruh yang lebih besar dan dominan terhadap minat beli konsumen Bittersweet by Najla dibandingkan dengan sales promotion. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan antara electronic word of mouth di Instagram dan sales promotion terhadap minat beli konsumen Bittersweet by Najla. Dan didapat pula bahwa eelctronic word of mouth di Instagram memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen yang lebih dominan dibandingkan dengan sales promotion.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth; Sales Promotion; Minat Beli Konsumen; Media Sosial; Instagram Cake; platform assistance; venting negative feelings; concern for other consumers; extraversion/positive self-enhancement; social benefits; helping the company; advice seeking; Bittersweet by Najla |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Advertising H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 07:09 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 07:09 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4363 |
Actions (login required)
View Item |