Sutanto, Shane Vincent (2022) Pengaruh Tayangan YouTube Otodriver, Autonetmagz dan Motomobi TV terhadap Minat Beli Masyarakat Jakarta / Shane Vincent Sutanto / 62180086 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (487kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (567kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (647kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (791kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (339kB) |
Abstract
Internet dan media sosial terutama YouTube merupakan salah satu media utama yang digunakan dalam pendistribusian informasi pada saat ini. Oleh sebab itu internet dan media sosial telah mengubah perspektif pada media tersebut secara keseluruhan. Dengan adanya internet, perkembangan akan teknologi dapat membawa banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan manusia pada zaman modern saat ini. Penggunaan akan internet menjadi sebuah jembatan yang memudahkan dalam mencari berbagai informasi sehingga akses terhadap informasi akan semakin cepat, dapat memudahkan pekerjaan serta memudahkan sistem pembelajaran terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini dan juga berbagai keunggulan lainnya. Penelitian ini menggunakan teori ketergantungan atau Dependency Theory sebagai teori dasar penelitian ini. Teori ketergantungan media merupakan teori tentang komunikasi massa yang menyatakan bahwa semakin seseorang tergantung pada suatu media untuk memenuhi kebutuhannya, maka media tersebut menjadi semakin penting untuk orang itu. Ketergantungan merupakan hal yang sangat esensial yang ada dalam naluri Freud. Karena merupakan suatu fitur yang sangat mencolok dalam proses pembangunan budaya itu, dan apa yang memungkinkan untuk kegiatan psikis yang lebih tinggi, ilmiah, artistic maupun ideologis, untuk memainkan peran penting dalam kehidupan beradab. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan sifat asosiatif. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data yang dibagikan kepada 100 responden yang merupakan subscribers dari kanal YouTube Otodriver, Autonetmagz dan Motomobi TV. Selain itu, Peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear sederhana, uji T, dan uji F sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi sederhana memenuhi asumsi, yang dimana nilai normalitas berdistribusi normal dan linear. Selain itu, hasil penelitian juga menujukkan bahwa channel YouTube memiliki pengaruh positif terhadap minat beli masyarakat Jakarta. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tayangan channel YouTube Otodriver, Autonetmagz dan Motomobi TV memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan dampak positif berupa informasi yang bermanfaat mengenai kendaraan roda empat bagi masyarakat Jakarta.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | YouTube; Internet; Teori Ketergantungan Media; Dependency Theory; Perilaku Konsumen; Otomotif; distribusi informasi; metode kuantitatif; Otodriver; Autonetmagz; Motomobi TV |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 05:46 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 05:46 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4370 |
Actions (login required)
View Item |