Pengaruh Brand Image Liga 1 Indonesia di Media Sosial Terhadap Brand Loyalty Fans Sepakbola di Jakarta / Juan Danica / 63180054 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Danica, Juan (2022) Pengaruh Brand Image Liga 1 Indonesia di Media Sosial Terhadap Brand Loyalty Fans Sepakbola di Jakarta / Juan Danica / 63180054 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Seiring perkembangan jaman, liga sepakbola semakin berubah ke arah yang lebih modern. Liga sepakbola profesional dari yang awalnya hanya menyelenggarakan pertandingan sepakbola antar klub sekarang mulai menjadi sebuah merek dimana mereka terus berusaha mengembangkan merek milik mereka sendiri. Citra merek seakan menjadi hal yang penting untuk perusahaan atau merek karena bila ada citra yang kuat, maka merek akan semakin dikenal. Liga sepakbola juga berusaha membangun citra dengan berbagai cara termasuk Liga 1 Indonesia sebagai kompetisi pertandingan sepakbola Indonesia. Membangun citra merek kedepannya akan menjadi hal yang penting bagi merek itu sendiri karena akan membangun loyalitas merek. Seiring waktu, membangun citra merek tidak hanya dilakukan oleh cara-cara biasa. Penggunaan media sosial juga bisa digunakan untuk membangun citra merek. Hal itu juga dilakukan oleh oleh banyak liga sepakbola di dunia termasuk Liga 1 Indonesia. Pembangunan citra merek melalui media sosial bisa berguna untuk menarik fans sepakbola untuk lebih loyal mengikuti liga sepakbola Indonesia. Semakin banyak penggemar atau fans, maka semakin mudah pula Liga 1 Indonesia memperluas brand. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh brand image Liga 1 Indonesia di media sosial terhadap brand loyalty fans sepakbola di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori brand image atau citra merek sebagai dasar analisis penelitian. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kekuatan merek, kesukaan merek, dan keunikan merek terhadap loyalitas merek. Ketiga dimensi itu merupakan fondasi utama dalam membangun sebuah citra merek. Citra merek yang kuat akan menjadikan merek tersebut memiliki identitas yang sulit dilupakan karena adanya citra merek yang kuat bisa membuat merek lebih dikenali. Objek penelitian ini adalah aktivitas media sosial yang dilakukan oleh Liga 1 Indonesia. Metode penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode survei dengan menyebar kuesioner ke 100 responden yang tinggal di Jakarta. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan purposive sampling. Hasil Penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai residu terdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinieritas dan heteroskedastisitas data. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa dimensi kekuatan merek dan kesukaan merek Liga 1 Indonesia memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek penggemar sepakbola. Namun, untuk keunikan merek Liga 1 Indonesia ditunjukkan bahwa tidak ada pengaruh terhadap loyalitas merek. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa citra merek dalam dimensi kekuatan dan kesukaan merek Liga 1 Indonesia di media sosial bisa berpengaruh terhadap loyalitas merek penggemar sepakbola di Indonesia, tetapi keunikan merek tidak ada pengaruh terhadap loyalitas merek penggemar sepakbola di Jakarta. Atas hasil tersebut, terdapat saran untuk mengembangkan lagi keunikan merek dari Liga 1 Indonesia untuk mendapatkan loyalitas dari penggemar.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Citra Merek; Loyalitas Merek; Liga Sepak bola; Liga 1 Indonesia; Media Sosial; purposive sampling; kekuatan merek; kesukaan merek
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:53
Last Modified: 10 Jan 2023 03:53
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item