Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying pada E-commerce Shopee di Jakarta / Stanley Andhika Iskandar / 26180194 / Pembimbing : Morryessa Brandinie

Iskandar, Stanley Andhika (2022) Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying pada E-commerce Shopee di Jakarta / Stanley Andhika Iskandar / 26180194 / Pembimbing : Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (954kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (698kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (996kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan bisnis e-commerce yang semakin besar dan cepat di Indonesia menyebabkan banyaknya e-commerce lain bermunculan serta menawarkan keuntungan dan kemudahan yang beragam serta memunculkan persaingan yang semakin sengit antar e commerce besar di Indonesia. Strategi yang dilakukan Shopee sebagai salah satu e commerce penyedia toko online terbesar di Indonesia adalah dengan beriklan. Shopee terkesan kreatif karena iklan yang ditampilkan mengandung lagu dan tarian yang sedang booming di media sosial, sehingga masyarakat mudah mengingat tampilan atau jingle iklan Shopee. Selain beriklan, saat ini Shopee memiliki banyak bentuk promosi penjualan, diantaranya flash sale, voucher gratis ongkir, serba seribu, diskon, dan murah lebay. Melihat hal ini, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee di Jakarta”. Teori yang ada di dalam penelitian ini adalah daya tarik iklan, promosi penjualan dan impulse buying. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Yang termasuk dalam variabel independen adalah daya tarik iklan dan promosi penjualan. Sedangkan yang termasuk dalam variabel dependen adalah impulse buying. Objek penelitian ini adalah e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form kepada 150 sampel konsumen e-commerce Shopee sebagai respondennya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling dengan teknik judgement sampling dengan kriteria konsumen yang pernah berbelanja dan melihat iklan Shopee dalam satu bulan terakhir dan berdomisili di Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan daya tarik iklan dan promosi penjualan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dan menyatakan bahwa variabel daya tarik iklan memberikan pengaruh lebih dominan daripada promosi penjualan terhadap impulsle buying. Berdasarkan nilai R-Square sebesar 65.1% menjelaskan bahwa variabel daya tarik iklan dan promosi penjualan secara simultan berpengaruh terhadap variabel impulse buying. Sedangkan 34.9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa daya tarik iklan dan promosi penjualan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang memiliki arti apabila daya tarik iklan menarik dan Shopee sering memberikan promo-promo yang menarik maka akan mendorong konsumen untuk melakukan impulse buying. Saran yang bisa diberikan penulis yaitu Shopee tetap konsisten dalam membuat iklan yang menarik dan memberikan promosi yang menarik karena dapat terbukti dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Iklan; Promosi Penjualan; Impulse Buying; Toko online; E-Commerce; Shopee
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:28
Last Modified: 19 Jan 2023 07:28
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item