Deskripsi Penggunaan Aplikasi Shopee Berdasarkan Teori Technology Acceptance Model Davis 1985 / Eric Christopher / 28190352 / Pembimbing: Bilson Simamora

Christopher, Eric (2023) Deskripsi Penggunaan Aplikasi Shopee Berdasarkan Teori Technology Acceptance Model Davis 1985 / Eric Christopher / 28190352 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (886kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Era modern saat ini ditandai dengan berkembangnya teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam melakukan sesuatu agar lebih mudah dalam mendapatkan segala sesuatu. Salah satu perkembangan tersebut adalah adanya belanja online, di mana pembeli tidak perlu pergi ke tempat belanja secara langsung. Di Shopee, belanja online difasilitasi oleh aplikasi Shopee. Namun, alasan mengapa konsumen mengadaptasi aplikasi ini belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, dengan menggunakan Technology Acceptance Model, penelitian ini bertujuan untuk menemukan factor faktor yang mendorong orang untuk menggunakan aplikasi Shopee. Penelitian ini mengadaptasi teori model penerimaan teknologi dari Davis (1985). Tiga variable eksternal yang ditambahkan adalah kerumitan, efikasi diri, dan akses pada koneksi internet. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 150 dengan teknik judgement sampling. Kriteria responden adalah pernah menggunakan dan melakukan pembelian pada aplikasi Shopee. Penelitian ini menemukan bahwa kerumitan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kegunaan namun memiliki pengaruh negatif terhadap persepsi kemudahan penggunaan. Efikasi diri memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Akses pada koneksi internet memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kegunaan dan sikap pada penggunaan. Persepsi kegunaan memiliki pengaruh secara langsung terhadap sikap pada penggunaan. Pada penelitian selanjutnya, disarankan dapat meneliti dengan variabel eksternal baru untuk Technology Acceptance Model untuk menemukan pengaruh lain terhadap penerimaan penggunaan suatu teknologi atau inovasi, misalnya pengalaman berdasarkan Model of Goal Directed Behavior oleh Marco Perugini dan Richard P. Bagozzi. Bagi perusahaan, dapat disarankan agar dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang mudah digunakan dan tidak rumit dalam penggunaannya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kerumitan; Efikasi Diri; Akses Pada Koneksi Internet; Theory Technology Acceptance Model 1985; Belanja Online; Aplikasi Belanja; Shopee
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:36
Last Modified: 10 Jul 2023 03:36
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4823

Actions (login required)

View Item View Item