Ramadhani, Nabila Auliya (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian E-Book pada Aplikasi Gramedia Digital di DKI Jakarta / Nabila Auliya Ramadhani / 71200139 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (803kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (896kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (841kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (542kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (777kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Teknologi menjadi sarana penting bagi manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan, dengan kemajuan digital yang cepat memberikan kemudahan akses informasi dan mengubah cara interaksi dengan informasi, contohnya dengan munculnya e-book. Namun, era digital juga membawa tantangan baru seperti pembajakan e-book yang melanggar hak cipta. Pembajakan buku tidak hanya ilegal tetapi juga tidak bermoral karena merugikan penerbit dan penulis. Intensitas moral individu memengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk, di mana mereka yang memiliki intensitas moral tinggi cenderung menghindari produk ilegal. Faktor-faktor seperti budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mempengaruhi perilaku konsumen dan keputusan pembelian mereka. Gramedia sebagai jaringan toko buku terbesar di Indonesia, beradaptasi dengan era digital melalui produk digital seperti Gramedia Digital, yang penting untuk memahami dan memperhatikan keputusan pembelian konsumen dalam mengembangkan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas moral dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian e-book pada aplikasi Gramedia Digital. Teori yang digunakan adalah intensitas moral, perilaku konsumen, dan keputusan pembelian. Penelitian ini terdapat dua jenis variabel, yaitu variabel independen yang meliputi intensitas moral dan perilaku konsumen, serta variabel dependen yang merupakan keputusan pembelian. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 175 responden menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM (Partial Least Squares-Structural Equation Model) menggunakan SmartPLS 3 dan SPSS 26 digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas moral berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian tetapi tidak signifikan dan perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-book aplikasi Gramedia Digital. Kesimpulannya intensitas moral dan perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian e-book pada aplikasi Gramedia Digital tetapi untuk variabel intensitas moral tidak signifikan dan variabel keputusan pembelian signifikan. Tentunya keputusan pembelian masih dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Moral; Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; Aplikasi Gramedia Digital; e-book |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Technopreneurship H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 06:33 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |