Creative Brief Chef Lenny Widjaja dalam Memperkenalkan Konten Belajar Baking Melalui Media Sosial Instagram / Gabrille Hartman / 65200146 / Pembimbing: Siti Meisyaroh

Hartman, Gabrille (2024) Creative Brief Chef Lenny Widjaja dalam Memperkenalkan Konten Belajar Baking Melalui Media Sosial Instagram / Gabrille Hartman / 65200146 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (837kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (729kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Peralihan seorang koki ke media sosial seringkali muncul sebagai respons terhadap tren perubahan perilaku konsumen. Salah satu individu yang sukses dalam memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan konten belajar masak adalah Chef Lenny Widjaja. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis creative brief apa yang diterapkan dalam memperkenalkan konten belajar baking melalui media sosial Instagram (@cheflennywidjajaofficial). Penelitian ini didasarkan pada konsep creative brief yaitu creative brief. Dengan membahas elemen-elemen yang tercakup dalam creative brief diantaranya adalah tujuan, target audience, pesan dan tone, riset, pengaturan batasan, pengukuran keberhasilan, dan referensi. Creative brief adalah pendekatan yang digunakan dalam pemasaran dan komunikasi untuk menciptakan konten atau kampanye yang unik, menarik, dan membedakan merek atau pesan dari pesaing. Ini adalah kombinasi antara elemen strategis dan kreatif, di mana tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian audiens sambil mencapai tujuan bisnis atau komunikasi tertentu. Subjek penelitian ini adalah konten belajar baking Chef Lenny Widjaja dengan desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil Penelitian yang didapatkan adalah seluruh informasi terkait creative brief yang disusun untuk membuat konten belajar baking. Dalam creative brief tersebut juga dipaparkan seluruh elemen yang tercakup dalam creative brief seperti tujuan membuat konten belajar baking, target audience dari konten belajar baking, pesan dan tone yang tercakup dalam caption konten yang telah diunggah, hasil riset tren-tren makanan terbaru, pengaturan batasan seperti kendala waktu, pengukuran keberhasilan atau metriks untuk mengetahui keberhasilan konten yang telah diunggah dan mengevaluasi setiap kontennya serta referensi yang berfokus kepada visual konten seperti food photography, food styling dan food videography yang dimana seluruh elemen tersebut digunakan dan berjalan sesuai dengan creative brief yang telah disusun. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa creative brief Chef Lenny Widjaja dalam memperkenalkan konten belajar baking melalui media sosial Instagram sudah sesuai dengan konsep creative brief yaitu penggunaan seluruh elemen creative brief dalam seluruh pembuatan kontennya sehingga hasil konten yang disajikan tetap menarik, jumlah penonton yang stabil dan peserta kursus yang banyak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Creative Brief; Creative Brief; Konten; Media Sosial; Instragram; Chef Lenny Widjaja; Konten Belajar Baking
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:43
Last Modified: 14 Jul 2025 04:43
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item