Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian iPhone di DKI Jakarta / Delva/ 76200301 / 2024 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak

Delva, Delva (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian iPhone di DKI Jakarta / Delva/ 76200301 / 2024 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (982kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
RESUME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version

Download (530kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi yang pesat di dunia saat ini dan diikuti oleh konsumen yang semakin cerdas pula, membuat banyak perusahaan mengalami kesulitan untuk memengaruhi keputusan pembelian pada konsumen. Persaingan di industri yang semakin ketat dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yaitu terjadi pada persaingan dalam pasar gawai atau smartphone. Salah satu merek gawai terkenal di pasar Indonesia adalah Apple. Inc yang diperkenalkan pada tahun 2007. Pendapatan yang diperoleh Apple dari penjualan iPhone sering mengalami peningkatan setelah meluncurkan seri terbaru. Tentu saja, hal ini tidak dapat dilepaskan dari produk dan citra merek yang telah diperkenalkan oleh Apple Inc. kepada konsumennya. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk menggali lebih dalam pada suatu penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian iPhone di DKI Jakarta”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada judul topik yaitu berkaitan dengan kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian. Penelitian ini mencakup dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Kualitas produk (X1) dan citra merek (X2) dimaknai sebagai variabel bebas, sementara itu keputusan pembelian (Y) dimaknai sebagai variabel terikat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Objek penelitian ini adalah iPhone, sampel penelitian diambil dari 155 responden yang diantaranya 30 pra responden dan 125 real responden yang pernah menggunakan gawai dari Apple Inc. yaitu iPhone di DKI Jakarta. Penelitian ini mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner melalui Google Form yang memuat pernyataan terkait dengan variabel yang diteliti. Uji hipotesis diadakan secara kuantitatif. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, metode analisis regresi linier ganda menggunakan uji F dan uji t. Data diolah menggunakan IBM SPSS 26. Dari hasil yang diolah menunjukkan bahwa pada uji asumsi klasik memenuhi syarat normalitas dan residu berdistribusi normal, tidak terdapat gejala heteroskedastisitas, dan tidak ada gejala multikolinieritas. Hasil penelitian membuktikan responden setuju bahwa kualitas produk dan citra merek iPhone di DKI Jakarta baik. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa citra merek terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas produk tidak terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kesimpulannya citra merek terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas produk tidak terbukti memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kedepannya iPhone harus mempertahankan kualitas produk dari segi daya tahan penggunaan gawai iPhone dan mempertahankan citra merek pada iPhone sebagai produk yang menggambarkan simbol status, keunggulan teknologi, dan kreativitas guna meningkatkan keputusan pembelian. Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:50
Last Modified: 09 Oct 2025 07:50
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item