Rachman, Kezia Carissa Dorothy Amadea (2019) Strategi Kampanye Sosial Queenrides melalui Komunikasi Interaktif dalam Upaya Mengubah Perilaku Wanita dalam Berkendara / Kezia Carissa Dorothy Amadea Rachman / 64150284 / Pembimbing : Andriani L. Soetoto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
COVER.docx - Accepted Version Download (64kB) |
|
Text
PENGESAHAN.docx - Accepted Version Download (388kB) |
|
Text
ABSTRAK (Indo & Ing).docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, Tabel & Gambar.docx - Accepted Version Download (29kB) |
|
Text
BAB I.docx - Accepted Version Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
BAB III.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.docx - Accepted Version Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN ORIGINALITAS.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
Abstract
Kecelakaan dalam berkendara merupakan peristiwa yang sering terjadi di Indonesia. Data Korps Lintas Mabes Polri 2015 menyatakan pengemudi perempuan lebih berpotensi mengalami kecelakaan dibanding pria. Queenrides adalah start up social enterprise berbasis teknologi yang bertujuan mencegah tingginya angka kecelakaan pada pengendara wanita dan mengajak setiap wanita agar sadar pentingnya keselamatan berkendara. Penelitian ini menjelaskan pemanfaatan website, media sosial, dan media komunikasi kelompok sebagai saluran yang digunakan oleh Queenrides dalam melakukan strategi kampanye sosial melalui komunikasi interaktif dalam upaya mengubah perilaku wanita dalam berkendara. Penelitian ini menggunakan model komunikasi interaksional dari Wilbur Schramm, konsep kampanye sosial, saluran kampanye, dan safety riding. Model dan konsep ini digunakan untuk menjelaskan komunikasi interaktif berlangsung dua arah antara komunikator dan komunikan di mana dalam kampanye sosial ini peran keduanya sejajar dan penting. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kolaborasi antara media online dengan offline saling mendukung aktivitas kampanye sosial di mana website, media sosial, dan media komunikasi kelompok digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi dalam berbagai bentuk seperti artikel, foto, gambar yang berkaitan dengan keselamatan berkendara. Ketiga saluran tersebut merupakan media interaktif dan dapat menciptakan kesempatan berlangsungnya komunikasi dua arah antara komunikator dan komunikan. Penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan website, media sosial, dan media komunikasi kelompok sebagai media dalam pelaksanaan strategi kampanye sosial safety riding melalui komunikasi interaktif sangat bermanfaat dan berperan penting untuk menciptakan kesadaran khalayak sasaran terutama pengendara wanita agar berkendara sesuai dengan aturan keselamatan berkendara. Selain itu, Queenrides bukan hanya sekedar melakukan kampanye yang bertujuan sosial, namun sekaligus juga melakukan bisnis di mana antara Queenrides dengan perusahaan-perusahaan yang dituju saling menguntungkan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Berkendara; Psikoanalisa Sosial; Kampanye Sosial Queenrides; Komunikasi Interaktif; Safety Riding |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 05:10 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 07:22 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/107 |
Actions (login required)
View Item |