Strategi Kampanye Sosial Queenrides melalui Komunikasi Interaktif dalam Upaya Mengubah Perilaku Wanita dalam Berkendara / Kezia Carissa Dorothy Amadea Rachman / 64150284 / Pembimbing : Andriani L. Soetoto

Rachman, Kezia Carissa Dorothy Amadea (2019) Strategi Kampanye Sosial Queenrides melalui Komunikasi Interaktif dalam Upaya Mengubah Perilaku Wanita dalam Berkendara / Kezia Carissa Dorothy Amadea Rachman / 64150284 / Pembimbing : Andriani L. Soetoto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
COVER.docx - Accepted Version

Download (64kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx - Accepted Version

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK (Indo & Ing).docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, Tabel & Gambar.docx - Accepted Version

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN ORIGINALITAS.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)

Abstract

Kecelakaan dalam berkendara merupakan peristiwa yang sering terjadi di Indonesia. Data Korps Lintas Mabes Polri 2015 menyatakan pengemudi perempuan lebih berpotensi mengalami kecelakaan dibanding pria. Queenrides adalah start up social enterprise berbasis teknologi yang bertujuan mencegah tingginya angka kecelakaan pada pengendara wanita dan mengajak setiap wanita agar sadar pentingnya keselamatan berkendara. Penelitian ini menjelaskan pemanfaatan website, media sosial, dan media komunikasi kelompok sebagai saluran yang digunakan oleh Queenrides dalam melakukan strategi kampanye sosial melalui komunikasi interaktif dalam upaya mengubah perilaku wanita dalam berkendara. Penelitian ini menggunakan model komunikasi interaksional dari Wilbur Schramm, konsep kampanye sosial, saluran kampanye, dan safety riding. Model dan konsep ini digunakan untuk menjelaskan komunikasi interaktif berlangsung dua arah antara komunikator dan komunikan di mana dalam kampanye sosial ini peran keduanya sejajar dan penting. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kolaborasi antara media online dengan offline saling mendukung aktivitas kampanye sosial di mana website, media sosial, dan media komunikasi kelompok digunakan untuk menyampaikan pesan komunikasi dalam berbagai bentuk seperti artikel, foto, gambar yang berkaitan dengan keselamatan berkendara. Ketiga saluran tersebut merupakan media interaktif dan dapat menciptakan kesempatan berlangsungnya komunikasi dua arah antara komunikator dan komunikan. Penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan website, media sosial, dan media komunikasi kelompok sebagai media dalam pelaksanaan strategi kampanye sosial safety riding melalui komunikasi interaktif sangat bermanfaat dan berperan penting untuk menciptakan kesadaran khalayak sasaran terutama pengendara wanita agar berkendara sesuai dengan aturan keselamatan berkendara. Selain itu, Queenrides bukan hanya sekedar melakukan kampanye yang bertujuan sosial, namun sekaligus juga melakukan bisnis di mana antara Queenrides dengan perusahaan-perusahaan yang dituju saling menguntungkan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perilaku Berkendara; Psikoanalisa Sosial; Kampanye Sosial Queenrides; Komunikasi Interaktif; Safety Riding
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jun 2020 05:10
Last Modified: 18 Jun 2020 07:22
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item