Surya, Amelia Katherine (2021) Pemanfaatan Fitur Instagram Shopping Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Toko Online Carl & Claire / Amelia Katherine Surya / 61170199 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
awal.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
original.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text
resume.pdf Download (478kB) |
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan bisnis daring yang luar biasa menyebabkan ketatnya persaingan usaha. Para pelaku bisnis harus berlomba-lomba mencari cara kreatif untuk berkomunikasi kepada konsumen untuk memasarkan produknya di media daring. Instagram merupakan salah satu media sosial yang hadir menawarkan solusi bagi pemilik usaha berikut calon konsumennya dengan mengeluarkan fitur khusus belanja. Salah satu toko online yang memanfaatkan fitur Instagram Shopping sebagai media komunikasi pemasarannya adalah Carl & Claire. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengetahui pemanfaatan fitur Instagram Shopping sebagai media komunikasi pemasaran toko online Carl & Claire dan juga mengetahui kelebihan serta kekurangannya dengan menggunakan konsep bauran pemasaran 4P. 4 konsep yang termasuk dalam bauran pemasaran 4P adalah: Product, Price, Place, dan Promotion. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan observasi, dokumentasi, serta wawancara dengan 2 orang informan, yaitu Ibu Nouva Puspita selaku CEO & Founder Carl & Claire dan Ibu Kezia Marika Puteri selaku Junior Brand Manager Carl & Claire. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fitur Instagram Shopping bermanfaat dalam menyampaikan informasi mengenai produk serta harga dengan fitur label produk dan halaman detail produk, meningkatkan traffic ke website melalui fitur “view on website”, mendatangkan pesan melalui fitur “message carl and claire”, menyampaikan informasi mengenai promosi dengan label harga, serta mendapatkan exposure dengan menggabungkan fitur label produk dengan fitur Instagram Feeds dan Reels. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa fitur Instagram Shopping bermanfaat bagi media komunikasi pemasaran toko online Carl & Claire dalam komunikasi terhadap calon konsumen terkait 4 konsep (Product, Price, Place, dan Promotion) bauran pemasaran. Kelebihan dari fitur Instagram Shopping sebagai media komunikasi pemasaran toko online Carl & Claire adalah letak tombol “Shop” yang sangat strategis di aplikasi Instagram. Sedangkan kekurangannya adalah tidak tersedianya beberapa fitur Instagram Shopping seperti fitur pembayaran dalam aplikasi.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Komunikasi; Media Sosial; Instagram; Pemasaran-Promosi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 06:41 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 06:41 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3057 |
Actions (login required)
View Item |