Theodore, Sugiearto Buntoro (2021) Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Minuman Coklat Berenergi Milo di Kota Bekasi, Jawa Barat / Sugiearto Buntoro Theodore / 24179058 / Pembimbing: Tumpal J.R Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (777kB) |
Abstract
Indonesia adalah tujuan pasar yang sangat strategis bagi banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis dan industrinya. Global Business Guide mengatakan Industri susu di Indonesia dan produk susu adalah salah satu yang sedang banyak diperbincangkan melihat dari peningkatan permintaan lebih dari 10% setiap tahunnya sesuai dengan permintaan konsumen yang berubah dan peningkatan populasi. Produsen Nestle Indonesia menyadari bahwa citra merek adalah salah satu aset paling berharga yang bisa dikontrol oleh perusahaan. Sehingga Nestle Indonesia melalui Milo harus memiliki citra merek yang baik dan kuat agar dapat menimbulkan pandangan positif di benak konsumen terhadap merek tersebut. Citra merek sudah dikenal sejak lama sebagai konsep yang penting dalam dunia pemasaran. Konsep dari citra merek menjadi sangat penting bagi perilaku pembelian pelanggan. Untuk mencapai citra merek yang diinginkan, strategi-strategi produk harus fokus pada penjualan dan penggunaan produk. Pemasar harus membentuk, memanufaktur, memasarkan, menjual, mengantarkan dan melayani produk dalam membentuk sebuah citra merek yang positif dengan kuat, disukai, dan asosiasi merek yang unik. Menurut Kotler dan Keller (2015 : 167), proses keputusan pembelian dimulai saat pembeli mulai menyadari akan adanya sebuah masalah atau kebutuhan (need). Jika konsumen telah memunculkan ketertarikannya, kemungkinan konsumen akan mencari informasi terkait dengan produk atau jasa tersebut. Jika informasi yang diterima konsumen memuaskan, maka memungkinkan mereka juga untuk membelinya. Obyek penelitian yang digunakan oleh penulis adalah Citra Merek minuman coklat berenergi Milo. Sedangkan, subyek penelitian ini adalah semua konsumen yang sedang atau telah menggunakan produk tersebut yang berdomisili di wilayah Kota Bekasi. Penulis melakukan teknik pengumpulan sampel dimana pengumpulan sampel dilakukan adalah dengan metode non-probability sampling. Jenis teknik non-probability sampling yang digunakan adalah teknik convenience. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Komunikasi dengan penyebaran kuisioner kepada 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif dengan menghitung skor rata-rata, analisis persentase, rata-rata tertimbang, rentang skala dan pengujian hipotesis dengan analisis SEM (Structural Equation Model). Dari penelitian ini, didapatkan bahwa Citra Merek minuman coklat berenergi Milo pada konsumen adalah Baik yaitu dengan skor 3,76. Dan didapatkan pula bahwa Keputusan Pembelian minuman coklat berenergi Milo pada konsumen adalah Tinggi yaitu dengan skor 3,68. Koefisien jalur Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan t-hitung sebesar 4,44 > 1,96 (t-value). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Citra Merek signifikan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Citra Merek terbukti secara signifikan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian konsumen minuman coklat berenergi Milo di Kota Bekasi, Jawa Barat. Sehingga semakin baik citra merek maka semakin tinggi pula peluang keputusan untuk membeli.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Global Business Guide; Industri susu; Nestle Indonesia; strategi produk; keputusan pembelian; minuman coklat; Milo |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 08:08 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 08:08 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3183 |
Actions (login required)
View Item |