Fenny, Fenny (2016) Pengaruh Konten Video Komunitas Balividgram Terhadap Kreativitas Pembuatan Video Instagram di Kalangan Followers / Fenny / 60120297 / Pembimbing: Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (811kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 1.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text (RESUME)
RESUME.pdf - Published Version Download (882kB) |
Abstract
Media sosial Instagram sebagai media sosial yang berbasis konten foto dan video menciptakan keunikan tersendiri yang membuat Instagram menjadi semakin digemari. Konten video menjadi populer hingga akhirnya muncul komunitas Balividgram yang menggunakan konten video di Instagram untuk berkreativitas. Dengan tujuan menyebarkan virus kreatif, komunitas Balividgram terus mengasah kreativitas yang dimiliki dan menyalurkannya dalam bentuk video agar dapat menginsipirasi sesama. Penelitian inipun dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten video komunitas Balividgram terhadap kreativitas pembuatan video Instagram di kalangan followers. Teori yang digunakan adalah Teori S-O-R, menekankan bahwa adanya reaksi karena aksi yang diciptakan. Di mana aksi yang komunitas Balividgram ciptakan dalam bentuk konten video akan mampu menciptakan reaksi berupa kreativitas pembuatan video Instagram di kalangan followers. Namun hal tersebut didukung dengan Teori Psikologi Kognitif yang mendasari sikap manusia sebagai organisme yang aktif dalam mencari informasi, sebelum informasi tersebut menjadi stimulus yang akan merangsang respons. Metodologi penelitian menggunakan riset kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner secara online yang disebar kepada 100 followers akun @balividgram yang juga pembuat video (creator) dengan menggunakan metode non-probability purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi sederhana, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persamaan regresi pada penelitian ini adalah Y = 29,001+ 0,297 X. Dengan tingkat signifikasi 0,000 lebih kecil dari α = 0,1. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima sehingga artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh konten video komunitas Balividgram terhadap kreativitas pembuatan video Instagram di kalangan followers sebesar 43,1%. Kesimpulan dari persentase tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh yang sedang antara konten video komunitas Balividgram terhadap kreativitas pembuatan video Instagram di kalangan followers. Sehingga membuktikan bahwa media sosial Instagram tidak hanya sebagai media komunikasi namun juga sebagai media kreativitas.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Video; Komunitas Balividgram; Kreativitas; Pembuatan Video Instagram; Followers |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 02:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3679 |
Actions (login required)
View Item |