Pengaruh Komunikasi Persuasif TikTok Live Online Shop terhadap Keputusan Pembelian Melalui TikTok Shop / Talitha Seanna / 69180300 / Pembimbing : Tony Sitinjak

Seanna, Talitha (2022) Pengaruh Komunikasi Persuasif TikTok Live Online Shop terhadap Keputusan Pembelian Melalui TikTok Shop / Talitha Seanna / 69180300 / Pembimbing : Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (591kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (4kB)

Abstract

TikTok merupakan media sosial populer yang menemani masyarakat sehari – hari, memiliki berbagai macam fitur menarik, salah satunya adalah TikTok Live dan TikTok Shop. Kolaborasi kedua fitur tersebut membangun komunikasi persuasif kepada penontonnya untuk melakukan keputusan pembelian produk melalui fitur yang tersedia. Komunikasi persuasif yang berdasarkan kredibilitas sumber diharapkan dapat mengenalkan, menyadarkan, dan memberikan informasi atas kebutuhan dan solusi yang dibutuhkan. Penelitian bermaksud untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif TikTok Live Online Shop terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif berdasarkan kredibilitas sumber, dan proses keputusan pembelian. Pemilihan teori untuk mengukur pengaruh kredibilitas sumber pada komunikasi persuasif terhadap proses keputusan pembelian yang diambil oleh responden. Terdapat 4 dimensi untuk masing – masing teori, yang membantu memperdalam pengukuran. Merupakan penelitian dengan metode kuantitatif, melalui pendekatan deskriptif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan 48 butir pertanyaan kuesioner kepada 99 responden. Sedangkan teknik analisis data untuk mengolah hasil terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji t, uji F, dan uji R2. Pengolahan data yang dilakukan menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara komunikasi persuasif dengan keputusan pembelian. Perolehan hasil terlihat dari nilai thitung > ttabel, yaitu 15,606 > 1,98. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin tinggi nilai kredibilitas sumber komunikasi persuasif, maka akan semakin tinggi pula nilai terhadap proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh responden. Saran untuk online shop adalah menjaga konsistensi, intensitas, dan kualitas dalam membujuk, merayu dan membangun hubungan yang mendalam dengan responden selama melakukan TikTok Live. Kemudian membangun komunikasi persuasif dengan metode yang unik, kreatif, dan segar sehingga dapat menarik penonton.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif; Keputusan Pembelian; Online Shop; Live Streaming; Media Sosial; TikTok; TikTok Live; TikTok Shop; Kolaborasi
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:14
Last Modified: 09 Jan 2023 02:14
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item