Maria, Hana (2022) Rencana Pendirian Usaha Eat Mie Bakmie Ayam, Jakarta Utara / Hana Maria / 72190495 / Pembimbing: Salam Fadillah Alzah. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (627kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (533kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (706kB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (928kB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (633kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (355kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penulis membuat rencana bisnis pada industri kuliner yang merupakan sebuah usaha bakmie ayam dikarenakan penulis melihat peluang yang besar pada industri makanan di Indonesia yang tidak akan ada habisnya serta penulis dibekali resep yang diberikan oleh keluarga penulis dan resep tersebut sudah teruji rasanya, maka itu penulis mengambil kesempatan tersebut untuk membuka sebuah usaha pada bidang kuliner yaitu bakmie ayam. Penulis memilih nama Eat Mie Bakmie Ayam dikarenakan bagi penulis nama tersebut merupakan nama yang cukup modern dan unik. Dengan eat yang berarti makan dan mie diartikan sebagai memakan mie, dan Eat Mie diartikan sebagai memakan mie. Penulis juga membuat analisis pesaing dengan menggunakan analisis PESTLE, Lima Kekuatan Persaingan Model Porter, Analisis Faktor-Faktor Kunci Sukses, dan Analisis Eksternal & Internal dengan Analisis SWOT. Perencanaan bisnis ini disusun untuk mengetahui proyeksi persaingan dalam industri kuliner tepatnya pada bakmie ayam. Penulis melakukan analisis pasar guna untuk mengetahui pesaing yang berpotensial dan menentukan pasar yang akan dituju dengan mengelompokkan pasar dalam berbagai segmen. Penulis juga membuat ramalan penjualan untuk mencapai target penjualan yang dituju, serta melakukan kegiatan promosi untuk menaikan citra pada usaha penulis. Penulis juga melakukan rencana produksi dan kebutuhan operasional. Dengan adanya deskripsi rencana produksi dapat mengetahui survey pada pasar sampai pada pembukaan Eat Mie Bakmie Ayam. Serta rencana alur produk dapat mengetahui dari pelanggan datang sampai produk selesai diproduksi. Penulis juga membuat rencana organisasi dan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan akan tenaga kerja di Eat Mie Bakmie Ayam. Penulis juga membuat rencana keuangan, dengan adanya rencana keuangan penulis dapat mengetahui secara terperinci untuk biaya apa saja yang harus dikeluarkan. Serta apakah usaha yang penulis jalankan dapat atau sudah membuahkan hasil. Selain itu, perencanaan bisnis ini disusun untuk menghitung nilai kelayakan bisnis dari Eat Mie Bakmie Ayam. Dengan nilai Investasi awal sebesar Rp. 793.331.698 dan didapati payback period yang dapat dicapai dalam kurun waktu 2 tahun 9 bulan 12 hari, nilai NPV Rp 2.312.001.652 yang lebih besar dari 0, nilai PI 3,914293804 yang lebih besar dari 1 yang berarti PI positif. Penjualan Eat Mie Bakmie Ayam pada setiap tahunnya juga lebih besar dari nilai BEP. Serta dituliskan juga analisis dampak serta risiko usaha dari Eat Mie Bakmie Ayam.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rencana bisnis; industri kuliner; Bakmie Ayam; Eat Mie Bakmie Ayam; Industri tak ada habisnya; Analisis PESTLE; Lima Kekuatan Persaingan Model Porter; Analisis Faktor-Faktor Kunci Sukses; Analisis Eksternal & Internal; Analisis SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 03:22 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 03:23 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4749 |
Actions (login required)
View Item |