Attaya, Nisrina Shofie (2023) Rencana Bisnis Pendirian Usaha PhyCustom di Bekasi / Nisrina Shofie Attaya / 74190471 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (969kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (829kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (679kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (653kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (777kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (957kB) |
Abstract
PhyCustom merupakan bisnis yang bergerak di bidang otomotif kreatif, yaitu bengkel modifikasi. PhyCustom akan mendirikan usahanya di daerah Jatikramat, Kota Bekasi. PhyCustom dalam menjalankan bisnisnya memiliki visi yaitu “Menjadi pusat modifikasi kendaraan yang terpercaya dengan kualitas terbaik, didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli pada bidangnya pada tahun 2036”. Jasa yang ditawarkan oleh PhyCustom adalah repair motor dan mobil, airbrush cat motor dan mobil, priduk fiber plug and play, repair velg, ganti kaki-kaki kendaraan, winglet, lepas dan pasang sparepart, crashbar, windshield, custom jok, repaint helm, dan shock breaker. PhyCustom menggunakan berbagai macam strategi pemasaran, startegi pertama yang digunakan oleh PhyCustom yaitu image building. Image building dilakukan untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat sebelum bisnis di jalankan. Lalu ada pemasaran rutin yang dilakukan oleh PhyCustom seperti menggunakan jasa influencer dan endorsement, Instagram ads, Facebook ads, TikTok ads, dan YouTube ads. Selain itu, PhyCustom juga akan mengadakan discount dan give away pada hari besar tertentu yang telah ditetapkan oleh PhyCustom. Sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh PhyCustom berjumlah 8 orang, yang terdiri dari satu orang manajer, finance, marketing, dan lima orang pada bagian produksi. Investasi awal yang dibutuhkan oleh PhyCustom adalah sebesar Rp 573.180.000, besaran dana tersebut akan digunakan oleh PhyCustom untuk kas awal perusahaan, persediaan, image building, peralatan, dan biaya praoperasi seperti pemasangan PDAM, pembuatan ATM, hak paten, dan lainnya. Hasil analisis keuangan menunjukkan bahwa BEP nilai penjualan lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan. Untuk NPV memperoleh nilai sebesar Rp 1.872.113.362. Lalu untuk perhitungan Payback Period (PP) yang diperoleh PhyCustom selama 1 Tahun 2 Bulan 12 Hari dengan batas maksimal 5 Tahun. Sedangkan untuk hasil perhitungan Profitability Index menunjukkan hasil lebih dari 1 yaitu 4,3 yang berarti bahwa bisnis tersebut diterima. Maka dari itu, kesimpulan dari analisis kelayakan ini adalah PhyCustom layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PhyCustom; Modifikasi; Otomotif; Bengkel; Motor; Mobil |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:04 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:04 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4958 |
Actions (login required)
View Item |