Pembentukan Konsep Diri Content Creator Perempuan dalam Media Sosial Tik Tok / Vania Novia / 63190478 / Pembimbing: Siti Meisyaroh

Novia, Vania (2023) Pembentukan Konsep Diri Content Creator Perempuan dalam Media Sosial Tik Tok / Vania Novia / 63190478 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Di era digital 4.0 saat ini, teknologi berkembang dengan pesat dan mengakibatkan keterikatan dengan kehidupan manusia saat ini. Tidak hanya sebatas kehidupan orang dewasa saja, akan tetapi teknologi juga mulai masuk ke dalam kehidupan anak-anak maupun remaja. Kemajuan teknologi tersebut selalu beriringan dengan kemajuan internet di dalam kehidupan manusia. Pada penelitian ini peneliti akan fokus pada satu media sosial yaitu aplikasi Tik Tok dan melihat pembentukan konsep diri perempuan melalui sosial media Tik Tok. Kemunculan dan popularitas aplikasi Tik Tok tidak hanya memberikan dampak yang positif saja tetapi juga membawa dampak negatif, yang disebabkan oleh konsep diri individu itu sendiri. Misalnya dalam penggunaan baju yang sexy serta joget dengan goyangan yang cukup erotis dan tidak untuk dilakukan, namun banyak penggunanya khususnya remaja yang mencoba untuk mengikuti hal tersebut untuk menjadi pusat perhatian yang nantinya menjadi viral. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pembentukan konsep diri perempuan terhadap perilaku individu dari konten media sosial Tik Tok. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan melakukan focus group discussion. Informan terdiri dari lima orang yang masing-masing informan sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti untuk melengkapi data penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dari hasil FGD yang dilakukan oleh peneliti. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya dampak dari sosial media Tik Tok terhadap pembentukan konsep diri perempuan melalui empat aspek yang dibahas dalam penelitian ini. Di samping itu, setiap aspek juga memiliki perannya masing-masing dan terlihat dari konten-konten yang dihasilkan oleh para informan. Hasil dari penelitian ini dilihat langsung dari empat aspek, yaitu aspek fisik, aspek moral, aspek psikis, dan aspek sosial. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan media sosial Tik Tok memiliki berdampak terhadap pembentukan konsep diri perempuan terhadap perilaku individu itu sendiri. Masing-masing aspek diri memiliki dampak terhadap masing-masing informan dan yang aspek diri yang sangat berdampak dalam pembentukan konsep diri perempuan adalah aspek moral dan psikis.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Sosial Media; Konsep Diri; Perilaku Perempuan; Tik Tok
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 07 Oct 2024 09:40
Last Modified: 07 Oct 2024 09:40
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item