Tanoto, Fredy (2023) Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia / Fredy Tanoto / 76190422 / Pembimbing: Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (747kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (458kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (606kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Perdagangan adalah kegiatan membeli dan menjual barang atau jasa. Perdagangan dilakukan secara tradisional dimana para penjual harus memiliki sebuah tempat untuk menjual barang, dan pelanggan harus pergi ke tempat penjual untuk membeli barang. Seiring dengan perkembangan zaman, muncul jenis perdagangan baru yang disebut dengan e-commerce. Belanja secara online memungkinkan belanja lintas wilayah dan memungkinkan pelanggan untuk membeli barang yang diinginkan tanpa meninggalkan rumah. Salah satu e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Teori yang terdapat dalam penelitian ini adalah kualitas layanan, kepercayaan, keamanan, dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Yang termasuk dalam kualitas layanan, kepercayaan, dan keamanan, sedangkan yang termasuk dalam variabel terikat adalah keputusan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah Tokopedia. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan Tokopedia di Jakarta yang pernah berbelanja setidaknya satu kali dalam satu bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah survei kuesioner. Jenis survei kuesioner menggunakan pertanyaan tertutup dengan skala Likert lima poin. Kuesioner disebarkan secara daring menggunakan Google Forms dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 26.0. Penelitian ini menujukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. nilai R2 adalah sebesar 0,517. Hal ini menunjukkan bahwa 51,7% varians Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Keamanan secara simulatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan dan keputusan pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Tokopedia disarankan untuk menjaga kepercayaan konsumen karena merupakan variabel yang paling signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan juga meningkatkan kualitas layanan karena merupakan variabel yang paling tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan; Kepercayaan; Keamanan; Keputusan Pembelian; E-Commerce; Tokopedia |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Business Ethics H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:59 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:59 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5199 |
Actions (login required)
View Item |