Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia di DKI Jakarta / Edwin Gutama / 27199017 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak

Gutama, Edwin (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia di DKI Jakarta / Edwin Gutama / 27199017 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (947kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya berbelanja masyarakat dari offline menjadi online. Berkembang pesatnya marketplace memudahkan masyarakat untuk berbelanja secara online. Salah satu marketplace terkenal di Indonesia yaitu Tokopedia. Sebelum konsumen membeli produk secara online, mereka terlebih dahulu mencari informasi terkait produk tersebut untuk mengurangi ketidakpastian dan risiko terkait produk tersebut. Informasi seputar produk bisa didapatkan melalui melihat Online Customer review dan Online Customer rating yang konsumen lain berikan pada fitur Tokopedia terhadap produk tersebut. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah definisi dari online customer review, online customer rating, dan keputusan pembelian. Kemudian didukung oleh hubungan antara online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian. Objek dalam penelitian ini adalah marketplace Tokopedia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form yang dibagikan kepada 100 sampel konsumen yang berdomisili di DKI Jakarta dan pernah melakukan belanja secara online di marketplace Tokopedia pada waktu 3 bulan terakhir.Alat ukur dalam penelitian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, skala likert, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda dengan alat bantu software SPSS 26. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan pendekatan Teknik dengan metode purposive sampling. Dimana sampel diambil dengan tidak memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel yang dapat mewakili populasi pembeli marketplace Tokopedia di DKI Jakarta. Hasil penelitian ini yaitu terbukti bahwa online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia di DKI Jakarta dan online customer rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia di DKI Jakarta. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semua hipotesis yang diajukan telah terbukti memiliki pengaruh positif. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan agar Tokopedia fokus pada memberikan kualitas layanan dan produk terbaik. Selain itu, penting bagi Tokopedia untuk melakukan evaluasi dengan memperhatikan online customer review dan online customer rating yang diberikan oleh konsumen sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas usaha mereka.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review; Online Customer Rating; Keputusan Pembelian; Marketplace; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:07
Last Modified: 07 Jan 2025 04:07
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item View Item