Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Elektronik Melalui Tokopedia / Calvin / 21190265 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih

Calvin, Calvin (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Elektronik Melalui Tokopedia / Calvin / 21190265 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (904kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (822kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Di era yang modern, banyak orang yang menggunakan internet tidak hanya untuk melakukan komunikasi, melainkan untuk mencari informasi terbaru, hiburan, ide bisnis, lowongan kerja, dan untuk melakukan penjualan atau pembelian online. Transaksi online mulai menggantikan interaksi offline untuk jual beli. Karena inovasi teknis yang berkembang pesat saat ini, perilaku banyak orang telah berubah, terlihat dari kebiasaan membeli mereka saat ini, yang semakin memilih pasar online atau marketplace daripada berbelanja di pasar lokal atau mall. Tetapi banyak masyarakat yang masih memiliki keraguan untuk melakukan transaksi online, karena terdapat beberapa resiko pada saat berbelanja online contohnya adalah barang yang dipesan tidak sesuai dengan deskripsi atau gambar yang tertera. Teori yang dipakai di penelitian ini adalah online customer review, online customer rating dan keputusan pembelian. Dimana online customer review dan rating dalam penelitian ini adalah variabel independen, sedangkan keputusan pembelian konsumen dalam penelitian ini adalah variabel dependen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara sebanyak 190 orang di wilayah Jabodetabek yang pernah membeli barang elektronik melalui Tokopedia diberikan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Metode analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda, uji-T, uji-F. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Setelah melakukan pengujian, peneliti mendapatkan hasil dari uji-T menunjukan variabel online customer review mendapatkan hasil sig .001 yang mana lebih kecil dari 0.05, dan untuk variabel online customer rating mendapatkan hasil sig .412 yang mana lebih besar dari 0.05. Dari hasil pengujian kesimpulan yang dapat diambil dari hasil olah data adalah menunjukan bahwa online customer review memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan online customer rating tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review; Online Customer Rating; Keputusan Pembelian; Produk Elektronik; Marketplace; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:16
Last Modified: 10 Jan 2025 06:16
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5217

Actions (login required)

View Item View Item