Rencana Bisnis Pendirian Bisnis Fashion Online “Bolapedia” di Jakarta / Kevin Hendryanto / 73130216 / Pembimbing : Hanes Riady

Hendryanto, Kevin (2017) Rencana Bisnis Pendirian Bisnis Fashion Online “Bolapedia” di Jakarta / Kevin Hendryanto / 73130216 / Pembimbing : Hanes Riady. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version

Download (806kB)
[img] Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version

Download (933kB)
[img] Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (808kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (790kB)

Abstract

Rencana pendirian bisnis fashion berbasis online ini dikarenakan besarnya peluang untuk mendirikan bisnis ini dimana tren belanja online sedang meningkat pesat dan juga industry fashion merupakan produk yang paling sering dibeli secara online. Terlebih lagi dengan banyaknya jasa pengiriman seperti JNE, Pos Indonesia, J&T, Wahana, serta Gojek yang sangat mendukung operasional suatu bisnis online. Selain itu, perkembangan marketplace yang sangat pesat tentunya akan sangat membantu para wirausaha untuk mengembangkan bisnis mereka lebih efektif dan efisien. Bolapedia menawarkan produk pakaian baik untuk fashion sehar-hari maupun untuk olahraga seperti Baselayer, kaos, singlet gym, celana jogger, celana training, dll. Bolapedia sendiri hanya memfokuskan penjualan secara online yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan memprioritaskan pelayanan yang baik dan cepat serta menawarkan harga yang terjangkau kepada setiap konsumen. Bolapedia sendiri memanfaatkan Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee yang merupakan wadah bagi pengusaha kecil menengah untuk memasarkan produk. Selain itu Bolapedia sendiri juga memanfaatkan berbagai media sosial untuk kegiatan promosi agar Bolapedia lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bolapedia sendiri akan dioperasikan dengan struktur sederhana dimana terdiri dari seorang manajer yang membawahi 2 bagian yaitu staff penjualan dan juga staff operasional. Bolapedia memiliki total karyawan sebanyak 7 orang di 2 tahun pertama dan akan bertambah menjadi 9 orang karyawan pada tahun ketiga. Bolapedia sendiri yang beroperasi di Sunter, Jakarta Utara membutuhkan investasi awal sebesar Rp732.109.500. Analisis keuangan dari Bolapedia sendiri menunjukan hasil yang positif dimana penjualan setiap tahun berada di atas Break Even Point dan menghasilkan NPV sebesar Rp.910.085.859 > 0. Internal Rate of Return sebesar 43,03% diatas 13,01%. Payback Period selama 2 Tahun 6 Bulan 21 Hari dimana kurang dari 5 tahun. Profitability Index sebesar 2,243100737. Berdasarkan berbagai analisis keuangan diatas dapat disimpulkan bahwa Bolapedia layak untuk direalisaikan. Setiap Bisnis pasti memiliki resiko yang akan dihadapi nantinya. Oleh karena itu, penulis telah mengidentifikasi setiap resiko yang mungkin terjadi serta melakukan beberapa alternative tindakan untuk mengendalikan resiko yang muncul. Resiko merupakan hal yang mutlak dihadapi dalam sebuah bisnis dan peran seorang pebisnis yang baik yaitu bisa mengkalkulasi setiap resiko yang ada sehingga bisa melakukan tindakan yang tepat untuk meminimalisir resiko yang ada.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Fashion; Marketplace; Pemasaran-Internet
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Budgeting
H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:36
Last Modified: 08 Apr 2021 04:36
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item