Whihelmina, Kezia Nelly (2017) Pengaruh Citra Merek dan Pesan dalam Video Tutorial Merias Wajah pada Youtube terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik / Kezia Nelly Whihelmina / 61130467 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (806kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
Bab II.pdf - Published Version Download (950kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
Bab III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab V.pdf - Published Version Download (535kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (643kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
Original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
|
Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version Download (989kB) |
Abstract
Pada perkembangan zaman saat ini, perilaku konsumen telah mengalami perubahan. Perkembangan teknologi digital telah menyediakan berbagai sumber informasi yang memperkaya pengetahuan konsumen atas suatu produk, termasuk pada produk kosmetik. Salah satu sumber informasi produk kosmetik yang mudah diakses oleh konsumen adalah situs web berbagi video Youtube. Melalui Youtube konsumen dapat menemukan informasi mengenai produk kosmetik melalui video tutorial merias wajah yang dibuat oleh beauty guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Citra merek dan pesan dalam video tutorial merias wajah pada Youtube secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik. Penelitian ini membahas ruang lingkup komunikasi di bidang pemasaran. Dengan menggunakan teori belajar sosial peneliti membahas citra merek, pesan komunikasi, dan keputusan pembelian. Citra merek terdiri dari tiga dimensi yaitu favorability of brand association, strength of brand association, dan uniqueness of brand association. Pesan komunikasi terdiri dari dua dimensi yaitu pesan verbal dan pesan non-verbal. Sedangkan keputusan pembelian terdiri dari lima dimensi yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Obyek dalam penelitian ini adalah penduduk wanita DKI Jakarta dengan usia 20 – 34 tahun. Berdasarkan masalah yang diangkat peneliti menggunakan riset kuantitatif korelasional sebagai metode penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebelum melakukan pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 400 responden. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan penelitian memperoleh hasil penelitian yaitu adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 43,7% dan pengaruh pesan dalam video tutorial merias wajah pada Youtube terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 29,8%. Sedangkan citra merek dan pesan dalam video tutorial merias wajah pada Youtube secara bersama-sama dapat memengaruhi keputusan pembelian kosmetik sebesar 50%. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa citra merek dan pesan dalam video tutorial merias wajah pada Youtube secara parsial dapat memengaruhi keputusan pembelian kosmetik dengan signifikan. Selain citra merek dan pesan dalam video tutorial merias wajah pada Youtube secara simultan dapat memengaruhi keputusan pembelian kosmetik dengan signifikan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran; Pemasaran-Merek Dagang; Komunikasi Digital; Media Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 03:05 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 03:05 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1798 |
Actions (login required)
View Item |