Strategi Komunikasi Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan “Cocoa Life” oleh PT. Mondelez Indonesia / Daniel / 68130251 / Pembimbing : Glorya Agustiningsih

Daniel, Daniel (2017) Strategi Komunikasi Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan “Cocoa Life” oleh PT. Mondelez Indonesia / Daniel / 68130251 / Pembimbing : Glorya Agustiningsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (999kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (738kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (906kB)

Abstract

Kesejahteraan sosial dan peningkatan kualitas hidup masyarakat menjadi tanggung jawab seluruh insan yang hidup di suatu Negara. Karena itulah, setiap pelaku usaha termasuk salah satunya PT. Mondelez Indonesia turut ambil bagian dalam hal ini dengan melakukan tanggung jawab sosial perusahaan melalui program Cocoa Life. Perusahaan juga perlu untuk mengomunikasikan program tanggung jawab sosialnya kepada setiap khalayak yang spesifik, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman mengenai program yang dijalankan. Karena itu, komunikasi tanggung jawab sosial perusahaan perlu dilakukan oleh setiap perusahaan termasuk PT. Mondelez Indonesia. Coombs & Holladay (2012:10) menyatakan bahwa dalam menyusun strategi komunikasi tanggung jawab sosial perusahaan ada tiga hal penting yang harus diperhatikan, yaitu target khalayak, isi pesan, serta pemilihan media penyampaian pesan. Hal ini perlu diperhatikan karena setiap target khalayak sasaran ingin mendapatkan pesan yang berbeda sesuai dengan apa yang ingin mereka dengar, dan untuk menyampaikan pesan ke khalayak yang berbeda dibutuhkan media penyampaian pesan yang berbeda pula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi Sumber untuk memastikan bahwa data yang diteliti adalah data yang absah. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT. Mondelez Indonesia sudah memiliki target khalayak sasaran yang spesifik dalam melakukan komunikasi tanggung jawab sosial perusahaan-nya. Isi pesan yang disampaikan pun terdiri dari pesan umum, yaitu mengenai isu komoditas kakao di Indonesia dan bagaimana PT. Mondelez Indonesia turut ambil bagian dalam menghadapi isu tersebut, serta pesan khusus, yakni pesan yang di desain khusus untuk di sampaikan kepada masing-masing target khalayak yang spesifik. Media komunikasi yang digunakan pun spesifik, sesuai dengan karakteristik target khalayak yang dituju. Terdiri dari media komunikasi internal seperti situs web, laporan keberlanjutan, dan media sosial, serta media komunikasi eksternal seperti media massa. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT. Mondelez Indonesia dalam mengomunikasikan program Cocoa Life-nya. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan target khalayak yang merupakan para pemangku kepentingan yang bersentuhan secara langsung dengan perusahaan dan menerima manfaat dari program, penyusunan isi pesan umum dan khusus sesuai dengan karakteristik target khalayak yang dituju, serta pemilihan media yang spesifik sesuai dengan karakteristik tiap target khalayak dengan harapan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan tepat oleh para pemangku kepentingan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Komunikasi; Interaksi Sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 06 May 2021 02:43
Last Modified: 06 May 2021 02:43
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item