Widjaya, Mario (2019) Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility Terhadap Behavioral Intention to Use Melalui Consumer Attitude pada Mobile Banking Bank Mandiri / Mario Widjaya / 27150056 / Pembimbing: Dergibsion Siagian. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
Cover.docx - Accepted Version Download (30kB) |
|
Text
Scan Pengesahan.pdf - Accepted Version Download (172kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx - Accepted Version Download (17kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx - Accepted Version Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx - Accepted Version Download (22kB) |
|
Text
BAB 1.docx - Accepted Version Download (33kB) |
|
Text
BAB 2.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
BAB 3.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
BAB 4.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
BAB 5.docx - Accepted Version Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
Lampiran.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
Scan Originalitas.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
Resume Mario.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi diyakini memiliki peran penting bagi kemajuan bisnis perbankan dengan menciptakan layanan mobile banking. Bank Mandiri ialah salah satu bank yang menyediakan layanan mobile banking. Dengan segala fitur yang tersedia, Bank Mandiri yakin layanan mobile banking-nya dapat bermanfaat, mudah digunakan dan aman untuk digunakan sehingga nasabah dapat menerima dan akhirnya berniat untuk menggunakannya secara terus menerus. Namun disisi lain, dalam menjalankan layanan mobile banking yang memiliki Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Credibility, Bank Mandiri memiliki kendala seperti kurangnya kestabilan sistem layanan mobile banking yang dapat mengakibatkan ruginya pengguna. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility terhadap Behavioral Intention to Use melalui Consumer Attitude pada Mobile Banking Bank Mandiri. Teori yang digunakan untuk mendukung penulisan ini adalah definisi dari Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, Consumer Attitude, Behavioral Intention to Use. Kemudian didukung oleh teori mengenai hubungan antara Perceived Usefulness terhadap Consumer Atiitude, Perceived Ease of Use terhadap Consumer Atiitude, Perceived Credibility terhadap Consumer Atiitude, Perceived Usefulness terhadap Behavioral Intention to Use, Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention to Use, Perceived Credibility terhadap Behavioral Intention to Use, dan Consumer Attitude terhadap Behavioral Intention to Use. Objek penelitian ini adalah layanan mobile banking Bank Mandiri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode komunikasi dan untuk penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan melalui media Google Form dan diisi oleh 100 responden yang menggunakan mobile banking Bank Mandiri. Prosedur yang digunakan untuk pengujian model dan pengolahan data adalah model persamaan structural (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan aplikasi WarpPLS 6.0 dan SPSS 20.0 Output yang dihasilkan menunjukan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Attitude, Perceived Usefulness secara langsung berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Behavioral Intention to Use, namun berpengaruh positif dan signifikan melalui Consumer Attitude, Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Attitude, Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention to Use baik secara langsung maupun tidak langsung, Perceived credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Attitude, Perceived Credibility secara langsung berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Behavioral Intention to Use, namun berpengaruh positif dan signifikan melalui Consumer Attitude, dan Consumer Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention to Use. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua hipotesis yang ada terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan, kecuali Perceived Usefulness dan Perceived Credibility terhadap Behavioral Intention to Use, yang harus melalui Consumer Attitude.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen; Mobile Banking |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 02:06 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 02:07 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/295 |
Actions (login required)
View Item |