Gracia, Shania (2021) Personal Branding Jerome Polin sebagai Youtuber (Studi Kasus Jerome Polin Pada Channel Youtube Nihongo Mantappu Berdasarkan Teori Kepribadian Lima Besar) / Shania Gracia / 68170125 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (938kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (752kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (554kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISI DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (564kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (645kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
Abstract
Kemunculan content creator yang semakin banyak, merupakan dampak dari perkembangan media sosial, khususnya youtube. Hal ini menuntut para content creator menciptakan konten berkualitas dan membentuk personal branding. Jerome Polin sebagai content creator yang kreatif dalam membuat video edukasi melalui akun youtube-nya yaitu Nihongo Mantappu. Sambil menjadi seorang mahasiswa yang memilih jurusan Matematika Terapan di Universitas Waseda, Jepang. Ia banyak membuat video yang berisi konten baik edukasi maupun hiburan. Peneliti menggunakan teori Big Five Personality atau Teori Kepribadian Lima Besar. Teori Kepribadian Lima Besar digunakan sebagai pedoman untuk mengobservasi dalam penelitian ini. Pembahasan motif akan mencakup informasi, identitas pribadi, integrasi, interaksi sosial, serta hiburan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus. Penelitian studi kasus ini mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat serta tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu hubungan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding yang dibangun dengan baik dan sungguh-sungguh akan membuahkan manfaat yang besar bagi seseorang, sama halnya seperti Jerome Polin. Disamping itu, peneliti juga menyimpulkan bahwa personal branding yang juga disebut sebagai citra pribadi, harus memiliki keunikan untuk dapat membuat hal tersebut dikenal orang banyak dan menjadi ciri khas tersendiri. Dari hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan dimensi emosi, dimensi hubungan, dimensi minat, dimensi orientasi individu, serta dimensi kemampuan untuk bergorganisasi yang mencerminkan kepribadian seorang Jerome Polin sebagai youtuber dalam membangun personal branding pada channel youtube Nihongo Mantappu. Kata kunci: personal branding, youtuber, edukasi, Jerome Polin
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | personal branding; Content Creator; media sosial; youtuber; edukasi; Jerome Polin; Akun Nihongo Mantappu; teori Big Five Personality; Teori Kepribadian Lima Besar |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 06:42 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 06:42 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3629 |
Actions (login required)
View Item |