Personal Branding Jerome Polin sebagai Youtuber (Studi Kasus Jerome Polin Pada Channel Youtube Nihongo Mantappu Berdasarkan Teori Kepribadian Lima Besar) / Shania Gracia / 68170125 / Pembimbing: Imam Nuraryo

Gracia, Shania (2021) Personal Branding Jerome Polin sebagai Youtuber (Studi Kasus Jerome Polin Pada Channel Youtube Nihongo Mantappu Berdasarkan Teori Kepribadian Lima Besar) / Shania Gracia / 68170125 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (938kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISI DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Kemunculan content creator yang semakin banyak, merupakan dampak dari perkembangan media sosial, khususnya youtube. Hal ini menuntut para content creator menciptakan konten berkualitas dan membentuk personal branding. Jerome Polin sebagai content creator yang kreatif dalam membuat video edukasi melalui akun youtube-nya yaitu Nihongo Mantappu. Sambil menjadi seorang mahasiswa yang memilih jurusan Matematika Terapan di Universitas Waseda, Jepang. Ia banyak membuat video yang berisi konten baik edukasi maupun hiburan. Peneliti menggunakan teori Big Five Personality atau Teori Kepribadian Lima Besar. Teori Kepribadian Lima Besar digunakan sebagai pedoman untuk mengobservasi dalam penelitian ini. Pembahasan motif akan mencakup informasi, identitas pribadi, integrasi, interaksi sosial, serta hiburan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus. Penelitian studi kasus ini mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat serta tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu hubungan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding yang dibangun dengan baik dan sungguh-sungguh akan membuahkan manfaat yang besar bagi seseorang, sama halnya seperti Jerome Polin. Disamping itu, peneliti juga menyimpulkan bahwa personal branding yang juga disebut sebagai citra pribadi, harus memiliki keunikan untuk dapat membuat hal tersebut dikenal orang banyak dan menjadi ciri khas tersendiri. Dari hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan dimensi emosi, dimensi hubungan, dimensi minat, dimensi orientasi individu, serta dimensi kemampuan untuk bergorganisasi yang mencerminkan kepribadian seorang Jerome Polin sebagai youtuber dalam membangun personal branding pada channel youtube Nihongo Mantappu. Kata kunci: personal branding, youtuber, edukasi, Jerome Polin

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: personal branding; Content Creator; media sosial; youtuber; edukasi; Jerome Polin; Akun Nihongo Mantappu; teori Big Five Personality; Teori Kepribadian Lima Besar
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:42
Last Modified: 07 Mar 2023 06:42
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item