Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Upline dan Downline terhadap Motivasi Pengembangan Jumlah Downline Pada Multi Level Marketing Tianshi / Donna Prucia Allen / 63090216 / Pembimbing : Syarief Gerald Prasetya

Allen, Donna Prucia (2013) Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Upline dan Downline terhadap Motivasi Pengembangan Jumlah Downline Pada Multi Level Marketing Tianshi / Donna Prucia Allen / 63090216 / Pembimbing : Syarief Gerald Prasetya. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (980kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tianshi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan yang didirikan di Cina pada tahun 1992. Tianshi merupakan salah satu dari banyak perusahaan yang menggunakan konsep Multi Level Marketing dalam melakukan pemasarannya. MLM Tianhsi mempunyai kegiatan komunikasi yang dilakukan secara terus menerus oleh para distributornya, yaitu distributor upline dan downline. Kegiatan komunikasi ini salah satunya dilakukan dengan cara interpersonal atau yang disebut dengan komunikasi antarpribadi. Dalam penelitian ini, peneliti ingin meneliti apakah ada pengaruh komunikasi upline dan downline dengan motivasi dalam mengembangkan jumlah downline. Untuk meneliti ada tidaknya pengaruh tersebut, peneliti akan menggunakan teori komunikasi, komunikasi antarpribadi, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, motivasi kerja, dan Multi Level Marketing. Dari kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh upline dan downline MLM Tianshi diharapkan dapat meningkatkan motivasi mereka dalam mengembangkan jumlah downline atau jumlah jaringannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei terhadap 50 responden. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan jenis uji keberartian model (uji F), signifikansi koefisien (uji t), dan koefisien determinasi (uji R). Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer yang diambil dari hasil kuesioner dan wawancara pendukung dari responden sebagai anggota MLM Tianshi yang mencapai bintang 3 sampai bintang 7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang termasuk dalam non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan komunikasi antarpribadi upline dan downline terhadap motivasi pengembangan jumlah downline pada MLM Tianshi. Hal ini dapat dilihat dari uji signifikansi koefisien, dimana thitung lebih besar dari ttabel (8,005 > 1,677). Pengaruh yang diberikan adalah searah (positif) yang dapat dilihat dari model persamaan regresi, yaitu MP = 5,162 + 0,582KUD. Pengaruh yang diberikan adalah senilai 57,2% dari faktor variabel yang diteliti, yaitu dilihat dari dimensi keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan, dan kesetaraan. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi upline dan downline memberikan pengaruh yang positif terhadap motivasi pengembangan jumlah downline MLM Tianshi. Dalam melakukan komunikasi tersebut, peneliti menyarankan agar upline lebih sering menanyakan dan mendengarkan pendapat dari downline. Dengan demikian downline dapat merasa lebih dihargai sehingga dapat meningkatkan motivasinya dalam mengembangkan jumlah downline atau jaringannya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi; Upline; Downline; Pengembangan Motivasi; Multi Level Marketing; MLM; Tianshi
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:36
Last Modified: 18 Jul 2023 03:36
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3760

Actions (login required)

View Item View Item