Manuel, Fiandy (2015) Pendirian Bisnis Toko Kaca Sin Sin Di Harapan Indah – Bekasi / Fiandy Manuel / 23110135 / Pembimbing : Husein Umar. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version Download (539kB) |
|
Text (BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN)
BAB 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING)
BAB 3.pdf - Published Version Download (919kB) |
|
Text (BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN)
BAB 4.pdf - Published Version Download (833kB) |
|
Text (BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL)
BAB 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA)
BAB 6.pdf - Published Version Download (672kB) |
|
Text (BAB VII RENCANA KEUANGAN)
BAB 7.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
|
Text (BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA)
BAB 8.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI)
BAB 9.pdf - Published Version Download (526kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (551kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version Download (625kB) |
Abstract
Sulitnya mencari pekerjaan saat ini membuat penulis tertarik membuka bisnis baru yaitu berupa bisnis kaca. Alasan lain adalah karena orang tua penulis juga sudah lama bermain di bidang ini. Rencana pendirian bisnis ini akan dibuka di daerah Harapan Indah, tepatnya di Bekasi. Toko kaca yang direncanakan penulis diberi nama Sin Sin yang berasal dari bahasa China “Xin” yang berarti baru, kemudian dilafalkan ke Bahasa Indonesia sehingga menjadi Sin Sin. Modal awal untuk mendirikan bisnis ini sebesar Rp 700.000.000,00. Di Harapan Indah, Toko Sin Sin memiliki dua pesaing yaitu Toko Graha Buana dan Toko Hidup Baru. Toko Graha Buana merupakan pesaing yang lebih lama menjalankan bisnis kaca di Harapan Indah, sehingga namanya sudah cukup dikenal masyarakat Harapan Indah. Produk kaca yang direncanakan untuk dijual oleh Toko Sin Sin antara lain Kaca Rayban, Kaca Polos, Kaca Es, Kaca Cermin,dan Rangka Nako. Tetapi jika ada permintaan dari pembeli di luar jenis kaca yang dijual oleh Sin Sin, Toko Sin Sin dapat memesankannya untuk pembeli dengan adanya minimal order. Minimal order tersebut ditentukan sesuai dengan kesepakatan antara pembeli dengan Toko Sin Sin. Selain itu, Toko Sin Sin juga menyediakan jasa berupa pengukuran, pemasangan, konsultasi, dan pengiriman. Toko Sin Sin berencana beroperasi dari Hari Senin hingga Sabtu dengan jam operasional dari jam 08.00 hingga 17.00. Untuk tanggal merah Toko Sin Sin meliburkan kegiatan operasionalnya. Pemasok utama kaca adalah CV. Berkah, karena pemasok toko kaca orang tua penulis juga dari CV. Berkah sehingga adanya saling percaya antara dua belah pihak yang sudah berlangsung lama. Upaya Pemasaran yang akan dilakukan Toko Sin Sin berupa pemasangan spanduk, pemberian kartu nama dan penawaran langsung kepada orang-orang yang dikenal penulis serta yang sedang merenovasi atau membangun rumah. Jumlah pekerja Toko Sin Sin sebanyak enam orang termasuk dengan pemilik sekaligus pengelola toko. Pekerja di Toko Sin Sin terdapat seorang pemotong, penggosok, pengirim, dan dua orang bagian pemasangan. Sebelum menjalankan bisnis kaca tersebut, penulis melakukan analisis kelayakan dengan metode Net Present Value, Internal Rate of Return, Profitability Index, Payback Period, dan Break Event Point. Berdasarkan perhitungan pada Bab 8, semua metode menyimpulkan bahwa usaha Toko Sin Sin layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usaha; Bisnis; Kaca; Toko Kaca; Toko Kaca Sin Sin; Kaca Rayban; Kaca Polos; Kaca Es; Kaca Cermin; Rangka Nako |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Small Business - Management H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:48 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3773 |
Actions (login required)
View Item |