Silvia, Vivi (2022) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee di Jakarta Utara / Vivi Silvia / 25180207 / Pembimbing : Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (531kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (638kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (593kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (578kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (393kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (538kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (659kB) |
Abstract
Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi mempengaruhi gaya berbelanja masyarakat dari offline menjadi online. Berkembang pesatnya e-commerce memudahkan masyarakat untuk berbelanja secara online. Salah satu e-commerce besar di Indonesia yaitu Shopee. Sebelum konsumen membeli produk secara online, mereka terlebih dahulu mencari informasi terkait produk tersebut untuk mengurangi ketidakpastian dan risiko. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui melihat review dan rating yang konsumen lain berikan terhadap produk tersebut. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah definisi dari online customer review, online customer rating, dan keputusan pembelian. Kemudian didukung oleh mengenai hubungan antara online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian. Objek dalam penelitian ini adalah e-commerce Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik komunikasi dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form yang dibagikan kepada 150 responden konsumen yang berdomisili di Jakarta Utara dan pernah melakukan belanja secara online di e-commerce Shopee pada waktu 3 bulan terakhir. Alat ukur dalam penelitian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, skala likert, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda dengan alat bantu software SPSS 20. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan pendekatan judgement sampling dimana sampel diambil berdasarkan kriteria tertentu yang dapat mewakili populasi pembeli e-commerce Shopee di Jakarta Utara. Hasil penelitian ini yaitu terbukti online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Jakarta Utara dan online customer rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Jakarta Utara. Kesimpulan penelitian ini adalah semua hipotesis yang ada telah terbukti memiliki pengaruh positif. Penulis menyarankan agar Shopee harus memberikan kualitas layanan dan produk yang terbaik dan melakukan evaluasi dengan melihat review dan rating yang konsumen berikan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review; Online Customer Rating; Keputusan Pembelian; Gaya Belanja; Belanja offline; Belanja online; E-Commerce; Marketplace; Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 06:52 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 06:52 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4005 |
Actions (login required)
View Item |