Pengaruh Celebrity Endorser Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian Photocard BTS di Komunitas Army World / Helen Margaretha / 62180010 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Margaretha, Helen (2022) Pengaruh Celebrity Endorser Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian Photocard BTS di Komunitas Army World / Helen Margaretha / 62180010 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (720kB)

Abstract

Selama masa pandemi COVID-19, aktivitas berbelanja secara online melalui marketplace / e-commerce dapat meningkat dengan pesat. Salah satu faktor peningkatan tersebut adalah adanya program diskon dan gratis ongkir yang dilakukan oleh banyak marketplace tidak terkecuali Tokopedia. BTS ditunjuk Tokopedia menjadi celebrity endorser mereka pada tahun 2019. Penggemar yang mengoleksi photocard dapat dikatakan mempunyai perilaku yang konsumtif dan pada masa pandemi seperti ini dimana seharusnya daya beli masyarakat menurun, penggemar k-pop justru rela membayar relatif mahal untuk tetap dapat mengoleksi photocard idola mereka. Dengan penunjukkan BTS sebagai celebrity endorser Tokopedia pada masa pandemi COVID-19, Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity endorser Tokopedia terhadap keputusan pembelian photocard BTS di Komunitas Army World. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan teori behaviorisme sebaga grand theory yang mencakup teori stimulus respon sebagai middle theory. Peneliti menggunakan model atribut TEARS untuk digunakan sebagai applied theory. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah celebrity endorser (X) terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif survei eksplanatori. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data yang dibagikan kepada 65 responden yang merupakan anggota Komunitas Army World. Selain itu, Peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji T, dan uji F sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini adalah terdapat 20 pernyataan yang valid dan reliabel dan dapat digunakan pada kuesioner. Selain itu, data terdistribusi normal dan tidak terdapat gejala multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Berdasarkan uji T diketahui bahwa sub variabel X terbukti tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian photocard BTS. Namun, secara simultan diketahui variabel X mempunyai pengaruh sebesar 47,8% terhadap keputusan pembelian photocard BTS. Sehingga Peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser Tokopedia terhadap keputusan pembelian photocard BTS di Komunitas Army World. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, diketahui bahwa mayoritas penggemar BTS adalah wanita, dibuktikan dengan responden yang 100% adalah wanita. Rentang usia penggemar BTS lebih banyak berusia 20-24 tahun sebanyak 55,4%. Selain itu, Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh terhadap penggunan BTS sebagai celebrity endorser dalam mempromosikan merek Tokopedia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Belanja Online; Marketplace; E-Commerce; Pandemi COVID-19, Celebrity Endorser, BTS, Photocard BTS, Keputusan Pembelian; Tokopedia; teori behaviorisme; teori stimulus
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:46
Last Modified: 13 Jan 2023 07:12
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4184

Actions (login required)

View Item View Item