Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti / Deviana Sim Cia Sian / 77180177 / Pembimbing: Morryessa Brandinie

Sian, Deviana Sim Cia (2022) Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti / Deviana Sim Cia Sian / 77180177 / Pembimbing: Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (973kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan industri makanan dan minuman dapat dijumpai dari banyaknya bisnis kuliner yang berkembang di Indonesia. Saat ini, rumah makan menjadi salah satu bisnis kuliner yang diminati para pengusaha, terutama di DKI Jakarta. Hal ini juga didukung oleh pertumbuhan masyarakat serta menciptakan persaingan yang kompetitif antara satu sama lain, dimana setiap pebisnis harus memiliki keunggulan kompetitifnya masing-masing dan memiliki berbagai strategi untuk menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian. Salah satu rumah makan yang memiliki keunggulan kompetitif dalam produknya adalah Ropang Plus Plus, Pluit Sakti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai word of mouth (wom), cita rasa, dan keputusan pembelian dimana word of mouth (wom) dan cita rasa merupakan variabel bebas atau variabel independen, sedangkan variabel keputusan pembelian merupakan variabel terikat atau variabel dependen. Objek dalam penelitian ini adalah Ropang Plus Plus, Pluit Sakti. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan mengonsumsi makanan dan minuman dari restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah studi komunikasi (communication study) dimana peneliti mendapatkan data dengan menyebarkan kuesioner secara online, yaitu Google Form. Jumlah sampel sebanyak 100 sampel konsumen. Alat analisis data pada penelitian ini menggunakan SPPS 20. Metode analisis yang dipakai adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji-T, uji-F dan analisis koefesien determinasi (R2). Hasil penelitian ini adalah seluruh data variabel valid dan reliabel, data berdistribusi normal, tidak terjadi adanya multikolonieritas dan heterokesdastisitas. Selain itu, nilai t hitung variabel word of mouth sebesar 2,986 dan variabel cita rasa sebesar 7,381, kedua nilai t tersebut lebih besar dari nilai t tabel (1,985). Nilai sig. untuk variabel word of mouth sebesar 0,004 dan variabel cita rasa sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai α (0,05). Nilai f hitung sebesar 87,613 > f tabel sebesar 3,09 dan nilai sig. sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai α (0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,644 atau 64,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel bebas yaitu word of mouth (wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth (WOM); Cita Rasa; Keputusan Pembelian; Perilaku Konsumen; Usaha Kuliner; Rumah Makan; Restoran Ropang Plus Plus
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:15
Last Modified: 09 Jan 2023 08:15
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item