Kurniawan, Matius Kevin (2022) Pengaruh Motif Penggunaan Aplikasi Discord terhadap Kepuasan Pengguna Dikalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Angkatan 2018 / Matius Kevin Kurniawan / 66180154 / Pembimbing : Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (943kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (564kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (707kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (647kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Discord adalah salah satu platform komunikasi tidak berbayar dan platform distribusi digital yang dirancang untuk menciptakan komunitas yang bisa diakses secara global. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real time menggunakan teks, suara, dan video yang biasa disebut sebagai server. Pengguna discord saat ini sudah mencapai lebih dari 100 juta pengguna dan aplikasi ini digunakan dengan sistem berbasis windows, iOS, Android, Linux, dan Mac. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification sebagai dasar analisis penelitian. Variabel yang digunakan didalam penlitian ini adalah motif dan kepuasan. Dimensi yang digunakan dalam motif adalah motif hiburan, motif interaksi dan integrasi sosial, motif identitas personal, dan motif informasi. Sedangkan, dimensi yang digunakan dalam kepuasan adalah pengalihan (diversion), hubungan personal (personal relationship), identitas personal (personal identity), dan pengawasan (surveillance). Objek dalam penelitian ini adalah orang yang menggunakan aplikasi Discord yang disebut sebagai pengguna. Metode penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode survei dengan menyebar kuesioner ke 70 responden yang merupakan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Angkatan 2018. Teknik pengumpulandatanya adalah dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai residu terdistribusi secara normal. Selain itu penelitian juga menunjukan bahwa dimensi motif penggunaan aplikasi Discord memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna dikalangan Mahasiswa Institut Bisnis danInformatika Kwik Kian Gie Angkatan 2018. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam motif penggunaan aplikasi Discord terdapat berbagai motif dalam penggunaannya seperti motif hiburan, interaksi dan integrasi sosial, motif identitas personal serta motif informasi dimana telah didapat hasil bahwa keempat motif tersebut bisa mempengaruhi kepuasan pengguna yang menggunakan aplikasi Discord. Hal ini juga membuktikan bahwa aplikasi Discord memenuhi fungsi mereka sebagai sebuah media yang dapat memenuhi kepuasan pengguna aplikasi.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif; Kepuasan Pengguna; Aplikasi Discord; Teori Uses and Gratification; platform komunikasi; platform distribusi digital; motif hiburan; motif interaksi dan integrasi sosial; motif identitas personal; motif informasi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 07:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 07:58 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4466 |
Actions (login required)
View Item |