Persepsi Pelanggan Mengenai Iklan Online LinkAja Zona Nyaman Tidak untuk Ditinggalkan / Fiona Anabelle / 69180173 / Pembimbing: Imam Nuraryo

Anabelle, Fiona (2022) Persepsi Pelanggan Mengenai Iklan Online LinkAja Zona Nyaman Tidak untuk Ditinggalkan / Fiona Anabelle / 69180173 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (738kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (682kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini berawal dari pandemi COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia sejak Maret 2020. Sudah 2 Tahun Pandemi COVID-19 melanda, dunia perekonomian hampir turun drastis tetapi sudah hampir kembali normal. Pandemi COVID19 mengubah tatanan kehidupan manusia di segala bidang, termasuk pemasaran dan periklanan. Meskipun LinkAja merupakan aplikasi e-wallet yang dimiliki oleh perusahaanperusahaan BUMN yang sangat besar seperti Telkomsel, Bank BRI, dll., LinkAja masih terkena dampaknya yang sangat besar. Penelitian ini menggunakan Teori “A-T-R” (Awareness – Trial – Reinforcement), teori yang pertama kali digagas oleh Professor Ehrenberg pada tahun 1974. Ada tiga tahap: Awareness, berarti kesadaran. Selanjutnya Trial, yaitu percobaan. Ini adalah tahap kedua, yaitu melakukan percobaan atas iklan tersebut. Kemudian yang terakhir adalah Reinforcement yang artinya penguatan, peneguhan atau pegukuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data primer berupa pendapat dan reaksi 5 narasumber yang telah menonton iklan “Zona Nyaman Tidak untuk Ditinggalkan” oleh LinkAja. Sedangkan data sekunder adalah sejarah aplikasi LinkAja dari Wikipedia dan website resmi LinkAja. Wawancara dilakukan dengan cara memberikan satu pertanyaan beserta video iklan yang telah diberikan penulis melalui Zoom dan satu pertanyaan di media sosial WhatsApp. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dengan 5 narasumber dengan cara memberikan satu pertanyaan beserta video iklan yang telah diberikan penulis melalui Zoom dan satu pertanyaan di media sosial WhatsApp. Teknik analisis data penelitian kualitatif adalah teknik reduksi data. Dalam proses Awareness, para narasumber tahu adanya iklan LinkAja tersebut melalui video yang tayangkan penulis, kemudian dalam proses Trial, iklan “Zona Nyaman Tidak untuk Ditinggalkan” diharapkan dapat menarik pengguna baru untuk menggunakan LinkAja, tetapi, berdasarkan penelitian penulis, sebagian besar narasumber mengatakan bahwa iklannya masih terlalu panjang, meskipun iklannya informatif. Dalam Reinforcement, sebagian para narasumber yang belum berminat terhadap iklan tersebut akan belajar memahami isi dan kelebihan dari LinkAja tersebut sampai mereka bersedia untuk menggunakan aplikasi tersebut suatu saat, sedangkan yang lainnya berhenti di tahap Trial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua berpendapat bahwa iklan tersebut sangat kreatif dan informatif, meskipun durasi iklan masih terlalu panjang untuk di internet. Hampir semua narasumber menyatakan bahwa mereka tidak berminat untuk menggunakan aplikasi LinkAja karena mereka sudah terbiasa menggunakan aplikasi yang lebih tenar seperti GoPay, BCA Mobile, dll. Sedangkan salah satu narasumber menyatakan bahwa dia berminat untuk menggunakan aplikasi LinkAja jika banyak promonya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pandemi; COVID-19; Persepsi; Iklan; Internet; Online; LinkAja; Kesan; Minat; Aplikasi; e-wallet; Mobile; Smartphone; Teori A-T-R; Awareness – Trial – Reinforcement
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 27 Apr 2023 07:24
Last Modified: 27 Apr 2023 07:24
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item