Tanjaya, Alvin (2024) Pengaruh Characteristic dan Consequences Content Instagram Drama Korea Viu terhadap Customer Loyalty Viu di DKI Jakarta / Alvin Tanjaya / 21190407 / Pembimbing: Bilson Simammora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (642kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (742kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (451kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (504kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Viu merupakan salah satu brand untuk streaming video ternama yang berasal dari Hong Kong. Terdapat dua faktor yang menjadi penyebab konsumen loyal pada satu brand tertentu yaitu characteristic dan consequences pada content drama korea instagram Viu. Studi menunjukkan bahwa kedua faktor ini tidak menjamin konsumen untuk selalu loyal terhadap suatu brand. Peneliti ingin meneliti apakah characteristic dan consequences content Drama Korea Instagram Viu berpengaruh terhadap customer loyalty. Penelitian ini merekonstruksi model penelitian Dinda et al. (2019). Rekonstruksi dilakukan dengan menambahkan dua konstruk, yaitu characteristic dan consequences berisikan dimensi-dimensi content marketing. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah characteristic, consequences, dan customer loyalty. Subjek penelitian ini adalah konsumen brand Viu. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner melalui google form kepada 150 responden, yang diambil menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Penelitian menunjukkan bahwa characteristic dan consequences berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Perusahaan dihimbau untuk membuat konten-konten drama korea di instagram Viu yang memiliki unsur karakteristik konten (tema, aktor, jalan cerita, latar, dialog, akhir cerita, gaya bahasa) dan konsekuensi konten (makna, pengaruh, saran) untuk mempengaruhi konsumen Viu untuk selalu loyal kepada brand Viu. Saran yang diberikan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah Viu harus membuat konsumen mengingat layanan streamingnya saat terlintas untuk menonton drama korea dan mempengaruhi konsumen lain untuk beralih kepada layanan Viu sehingga konsumen baru berniat untuk melakukan berlangganan terhadap layanan Viu serta memutuskan untuk loyal kepada Viu.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Value; Characteristic; Consequences; Customer Loyalty; Media Streaming; Viu |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Market Research |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:32 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:32 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |