Cumonley Sunjaya, Cumonley Sunjaya (2024) Pengaruh Social Media Marketing TikTok dan Personal Branding Iben Ma Terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Sambal Bakar Indonesia / Cumonley Sunjaya / 73200089 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (967kB) |
![]() |
Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (868kB) |
![]() |
Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (936kB) |
![]() |
Text
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (937kB) |
![]() |
Text
BAB IV - HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (515kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (600kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version Download (518kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital membuat para pelaku usaha memanfaatkan hal ini untuk memperluas jangkauan pasar sehingga dapat meningkatkan profit perusahaan. Selain itu minat masyarakat terhadap makanan pedas yang juga meningkat setiap tahunnya membuat peluang usaha bagi pelaku usaha makanan dengan olahan makanan pedas salah satunya adalah Sambal Bakar Indonesia. Usaha Sambal Bakar Indonesia merupakan sebuah usaha rumah makan yang didirikan oleh content creator TikTok Iben Ma dan rekannya Richard Theodore pada Juli 2022. Sambal Bakar Indonesia saat ini telah memiliki 19 outlet yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Berhasilnya Sambal Bakar Indonesia tentunya tidak lepas dari social media marketing yang telah dilakukan di berbagai platform social media khususnya TikTok, hal ini didukung juga dengan personal branding dari sosok Iben Ma yang telah memiliki jutaan followers di TikTok. Sehingga peneliti tertarik untuk membahas lebih lanjut terkait pengaruh dari social media marketing dan juga personal branding dalam menumbuhkan niat beli konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah social media marketing, personal branding, dan niat beli. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah social media marketing dan personal branding, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah niat beli. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 120 responden yang memiliki akun TikTok, mengetahui Sambal Bakar Indonesia dan sosok Iben Ma. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan secara kuantitatif dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Data tersebut diolah menggunakan IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil t hitung sebesar 4,842 > t tabel 1,980 dengan Tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, selanjutnya untuk variabel personal branding diperoleh hasil t hitung sebesar 4,937 > t tabel 1,980 dengan Tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel personal branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Kesimpulan dari penelitian ini adalah social media marketing dan personal memiliki pengaruh positif terhadap niat beli meskipun hal ini juga masih dipengaruhi oleh beberapa fakor lain. Kata Kunci : Social Media Marketing, Personal Branding, Niat Beli
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Personal Branding, Niat Beli |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HI Business > Business – Communication H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing |
Depositing User: | Rijal Zaenal Abidin |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 08:03 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 08:03 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |