Gabriella, Josephine (2017) Retorika Rachel Goddard pada Video 18 Tips Kecantikan (Beauty Hacks) dan Make Up untuk Pemula / Josephine Gabriella / 65130045 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
65130045 - Awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
65130045 - BAB I.pdf - Published Version Download (751kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
65130045 - BAB II.pdf - Published Version Download (940kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
65130045 - BAB III.pdf - Published Version Download (667kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
65130045 - BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
65130045 - BAB V.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
65130045 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (664kB) |
|
Text (Lampiran)
65130045 - Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
65130045 - Originalitas.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
Text (Resume)
65130045 - Resume.pdf - Published Version Download (821kB) |
Abstract
Munculnya media baru membuat perkembangan informasi lebih mudah diakses. Masyarakat lebih aktif mengakses berbagai media baru dan dapat memilih media apa yang akan dipergunakan dengan harapan kebutuhan informasi media baru dapat terpenuhi. Saat ini, informasi yang ada dapat diberikan oleh siapa saja dengan menggunakan media-media baru tersebut. Oleh sebab itu, Retorika diperlukan tidak hanya bagi pembicara profesional tetapi penting juga bagi orang-orang yang mempunyai pengaruh dalam media baru tersebut. Retorika merupakan gaya atau seni berbicara yang dicapai berdasarkan bakat alami dan keterampilan teknis. Seorang pembicara publik wajib menerapkan elemen-elemen retorika agar suatu informasi dapat diterima dengan baik. Kontekstual dari penelitian ini adalah Public Speaking dengan teori retorika. Selain itu terdapat juga pengertian-pengertian dari tiga pilar komunikasi persuasif dan kanon retorika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Rachel Goddard yang merupakan salah satu Youtuber dengan pelanggan yang sudah melewati 400.000 dan sekaligus menjadi narasumber dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipasi pasif. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Rachel Goddard dalam media sosial Youtube mempunyai tujuan untuk mempersuasi khalayak khususnya wanita Indonesia bahwa cantik itu tidak harus terlihat anggun, putih, tinggi, langsing, melainkan mencintai diri sendiri apa adanya tanpa membanding-bandingkan kekurangan diri sendiri dengan orang lain. Rachel menciptakan gaya unik yang menjadi ciri khasnya, yaitu tidak takut terlihat jelek walaupun Rachel membuat tutorial merias wajah yang seharusnya membuat dirinya terlihat anggun. Rachel menerapkan elemen-elemen penting dalam membangun sebuah retorika yang membuat dirinya dianggap sebagai seorang pembicara publik. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dari penelitian ini adalah Ethos atau karakter dari Rachel Goddard menyenangkan, ceria, apa adanya, lucu, dan tidak sombong. Pathos yang ditimbulkan dari video Rachel dianggap mampu memberikan emosional terhadap setiap orang yang menonton videonya. Logos yang digunakan oleh Rachel merupakan hasil pengalaman pribadinya selama menjadi Make Up Artist. Kanon Retorika dari Rachel dianggap mampu memberikan suatu hal yang baru. Rachel menguasai topik pembicaraan dengan persiapan yang sudah dilakukannya dan melakukan interpretasi dari sudut pandang pribadinya dengan baik sehingga dapat dimengerti oleh orang yang menonton videonya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Retorika; Media Sosial; Public Speaking |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 05:24 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 05:24 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1775 |
Actions (login required)
View Item |