Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Shopee / Hanny / 21170205 / Pembimbing: Bilson Simamora

Hanny, Hanny (2021) Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Shopee / Hanny / 21170205 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
original.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
resume.pdf

Download (679kB)

Abstract

Komunikasi terasa lebih mudah dan terbuka berkat kehadiran internet dalam kehidupan saat ini. Komunikasi lewat jejaring sosial kini digemari banyak orang karena merupakan media yang dapat menghimpun banyak orang. Media ini dangat efektif dan efisien sehingga kebanyakan dipakai oleh mahasiswa dan kalangan bisnis. Informasi yang cepat didapatkan karena banyak orang yang membagi pengalaman lewat jejaring sosial juga bisa jadi sarana promosi bagi kalangan bisnis. Shopee merupakan sebuah fitur marketplace yang memudahkan pembeli dan penjual melakukan transaksi melalui online. Banyak review yang ditinggalkan oleh konsumen pada kolom komentar menunjukan bahwa banyak interaksi pengguna yang terjadi didalam Shopee. Oleh karena itu, penelitian ini meneliti pengaruh dimensi electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen Shopee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth khususnya pada dimensi intensitas, dimensi valensi opini, dimensi konten, dan minat beli. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini, yaitu dimensi independent yang terdiri dari intensitas, valensi opini, dan konten dan dependent variabel yang terdiri dari minat beli konsumen. Objek penelitian ini adalah Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 110 sampel pelanggan Shopee yang juga merupakan mahasiswa/I Institute Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie dengan teknik simple random sampling. Dimensi Intensitas dan konten memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee, berbeda dengan dimensi valensi opini yang tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Disarankan Shopee dapat memperhatikan para penjual terutama untuk memberikan keterangan disetiap produk yang akan dijualnya, serta memperbaiki program agar penjual tidak bisa sembarang menghapus komentar pembeli yang mengandung unsur negative agar konsumen percaya dengan semua review yang terdapat pada kolom komentar Shopee.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Komunikasi; Pemasaran-Internet; Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:22
Last Modified: 10 Mar 2022 07:22
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item