Pengaruh Komunikasi Visual Iklan Online Tiket Penerbangan PT. Air Asia terhadap Aspek Kognitif Konsumen / Oktaviani / 65090146 / Pembimbing : Syarief Gerald Prasetya

Oktaviani, Oktaviani (2013) Pengaruh Komunikasi Visual Iklan Online Tiket Penerbangan PT. Air Asia terhadap Aspek Kognitif Konsumen / Oktaviani / 65090146 / Pembimbing : Syarief Gerald Prasetya. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (860kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

PT. Air Asia adalah perusahaan penerbangan pertama yang menawarkan konsep penerbangan berbiaya rendah (Low Cost Carrier / LCC) di Indonesia. Konsep penerbangan berbiaya rendah ini menjanjikan kepada semua pelanggannya bahwa semua orang bisa mengalami pengalaman terbang dengan Air Asia ini. PT. Air Asia saat ini menempati posisi terbaik bisnis penerbangan di Indonesia, dengan menggunakan iklan online sebagai salah satu strategi komunikasinya kepada konsumen. Komunikasi melalui iklan online ini sudah digunakan sejak awal didirikannya PT. Air Asia. Dalam penelitian ini penulis ingin melihat ada atau tidaknya pengaruh dari komunikasi visual iklan online tiket penerbangan PT. Air Asia terhadap aspek kognitif konsumen, dalam upaya mengembangkan bisnis yang telah dilakukan oleh perusahaan besar seperti Air Asia ini. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan online tersebut penulis menggunakan teori komunikasi, bauran komunikasi pemasaran, promosi penjualan, periklanan, situs online, komunikasi visual, persepsi, dan aspek kognitif. Penggunaan komunikasi visual ini berupaya untuk meningkatkan ingatan, pengetahuan, dan kepercayaan dari konsumen pada iklan online PT. Air Asia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Institut dan Informatika Kwik Kian Gie. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil kuesioner dan data pendukungnya diambil melalui studi kepustakaan dan internet. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari komunikasi visual iklan online tiket penerbangan PT. Air Asia terhadap aspek kognitif konsumen. Hal ini terlihat dari tanggapan-tanggapan responden yang setuju terhadap variabel-variabel komunikasi visual yang dianggap mampu mempengaruhi aspek kognitif para responden. Namun, hasil analisis tersebut tidak terlalu signifikan karena adanya persepsi yang berbeda-beda dalam diri seseorang dalam memandang aspek kognitif. Bagi perusahaan, komunikasi visual dalam iklan online tidak cukup untuk dapat mempengaruhi aspek kognitif konsumen, akan tetapi cukup baik apabila perusahaan Air Asia meningkatkan dan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai tanggal yang jelas, yang dapat membantu konsumen mendapatkan tiket pesawat murah selama periode promo yang diiklankan. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan pilihan link yang dapat langsung diakses di iklan online yang bertujuan untuk memungkinkan pelanggan mendapatkan tiket penerbangan murah yang diiklankan tanpa harus mencari pertanggal, sebagai informasi tambahan yang diperlukan oleh konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual; Iklan Online; Tiket Penerbangan; PT. Air Asia; Promosi Penjualan; Tiket Murah; Low Cost Carrier; LCC
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Public Relations
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:34
Last Modified: 18 Jul 2023 03:34
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item