Andriyanto, Billy Febrian (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus pada Followers Instagram @yamahaindonesia) / Billy Febrian Andriyanto / 27190137 / Pembimbing: Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (629kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (627kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (923kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (636kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (366kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (514kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Mayoritas masyarakat di Indonesia membutuhkan kendaraan bermotor sebagai suatu kebutuhan, sehingga perkembangan dunia otomotif semakin inovatif dan persaingan semakin ketat yang membuat setiap perusahaan mengambil langkah-langkah dan berbagai strategi yang digunakan untuk menempati posisi pertama penjualan dari tahun ke tahun. Karena seiring berjalan waktu competitor akan muncul secara bersamaan dengan permintaan konsumen yang selalu meningkat untuk dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan teori yang digunakan adalah electronic word of mouth (e-WOM), kualitas produk dan keputusan pembelian. Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen adalah electronic word of mouth (e-WOM) dan kualitas produk sedangkan untuk variable dependen adalah keputusan pembelian. Oleh karena itu dapat membantu penulis untuk menyusun hipotesis penelitian tersebut. Objek penelitian ini adalah produk sepeda motor Yamaha. Merupakan sebuah perusahaan sepeda motor yang diproduksi oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online melalui Google forms yang dibagikan kepada 175 responden yang sesuai dengan kriteria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda, pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling dengan teknik judgment sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi ganda serta menggunakan program SPSS. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi klasik yaitu data berdistribusi normal, tidak terdapat multikoliniearitas, dan tidak terdapat heteroskedastistas. Hasil analisis regresi ganda uji F menunjukkan model regresi layak digunakan untuk memprediksi keputusan pembelian, sedangkan berdasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa electronic word of mouth (e-WOM) dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji R2 menunjukkan bahwa besaran volume electronic word of mouth (e-WOM) dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan selebihnya besaran pengujian R2 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel electronic word of mouth (e-WOM) dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Variabel electronic word of mouth (e-WOM) yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian; Media Sosial; Instagram; Otomotif; Motor; Yamaha |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 08:38 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:38 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4962 |
Actions (login required)
View Item |