Christanza, Tan Averiz Lovelly (2024) Strategi Komunikasi dalam Mempromosikan Produk Rudebasic di Media Sosial Instagram / Tan Averiz Lovelly Christanza / 69200027 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (6MB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (793kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (755kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (649kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (530kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (608kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (872kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pengguna media sosial di Instagram mencapai 86,5% dari total pengguna media sosial di Indonesia. Survei dari Kata data Insight Center menyatakan 88,8% responden menggunakan dan mengkonsumsi produk dalam negeri. Jumlah UMKM ’go-digital’ juga meningkat drastis dari 18% menjadi 41,2%. Fenomena ini menunjukkan tingginya persaingan UMKM di media sosial Instagram. Rudebasic merupakan salah satu UMKM yang lahir di tengah fenomena ini. Rudebasic harus menggunakan strategi komunikasi yang tepat untuk dapat bertahan dan tampil beda di benak konsumen. Strategi komunikasi merupakan panduan, perencanaan dan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, strategi komunikasi harus mampu menunjukkan cara berkomunikasi secara taktis dan dapat digunakan dalam waktu yang berbeda sesuai situasi dan kondisi. Strategi komunikasi tersebut disusun dalam sebuah model yang disusun oleh Regina Luttrell yaitu The Circular Model of SoMe for Social Communication. Model ini digunakan sebagai tahap pertama bagi Rudebasic untuk menyusun strategi komunikasinya di media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data primer berupa informan yaitu owner dan social media officer dari Rudebasic yaitu Stefano Tania dan Kimberly Ellen dan data sekunder berupa tangkapan layar pada Instagram @rudebasic_official dan studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur melalui Zoom. Data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan menghasilkan kesimpulan. Tahap share dijalankan dengan membuat konten meme, OOTD dan storytelling serta memanfaatkan Instagram Story dan Instagram Shopping. Tahap optimize dijalankan dengan mengikuti tren berupa konsep serta lagu. Tahap manage dijalankan dengan menggunakan professional dashboard dan Instagram Insight. Tahap engage dijalankan dengan bekerjasama dengan influencer serta menciptakan komunitas yang dinamai “Rudebasic Cult.” Hasil penelitian ini menunjukkan Rudebasic menjalankan sebagian besar dari unsur The Circular Model of SoMe for Social Communication dengan memaksimalkan setiap elemen yang ada. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi oleh Rudebasic berhasil diterapkan di media sosial Instagram.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi; The Circular Model of SoMe; Media Sosial; Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 09 Jun 2025 04:40 |
Last Modified: | 09 Jun 2025 04:40 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |