Kenjaya, Kensen (2024) Pengaruh Terpaan Iklan Tanggal Kembar terhadap Brand Awareness Shopee di Kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Kensen Kenjaya / 60200262 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (649kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (386kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (508kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Iklan tanggal kembar adalah hal yang tidak familiar di Indonesia namun memiliki dampak yang sangat positif terutama bagi Shopee. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan tanggal kembar terhadap kesadaran merek Shopee. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep terpaan iklan yang dikemukakan oleh William Wells, William Wells mengemukakan bahwa ada 3 indikator dalam terpaan iklan yaitu durasi, frekuensi, dan intensitas. Penelitian ini juga menggunakan konsep brand awareness yang dikemukakan oleh David Aaker, David Aaker mengemukakan bahwa ada 4 tingkatan dalam brand awareness yaitu: unaware brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind. Penelitian ini dilakukan dengan survei eksplanatori yang memiliki ukuran sample 94 responden yang sudah memenuhi kriteria untuk mengisi kuisioner dalam penelitian ini. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini mencakup: Uji validitas, Reliabilitas, Normalitas, Linearitas, T, Koefisien Determinasi (R2), dan Statistik Deskriptif. Menggunakan rangkaian pengujian tersebut peneliti berhasil menemukan pengaruh dari terpaan iklan tanggal kembar terhadap brand awareness Shopee. Hasil penghitungan yang dilakukan menggunakan software IBM SPSS menyatakan bahwa terpaan iklan tanggal kembar memiliki pengaruh terhadap brand awareness Shopee di kalangan mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Hal tersebut ditunjukan lewat hasil pengujian uji T yang menunjukan bahwa variable X (terpaan iklan) memiliki Pengaruh terhadap variable Y (brand awareness) hal tersebut sekaligus membuat hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha. Pengaruh yang diberikan variable X (terpaan iklan) terhadap variable Y (brand awareness) terbukti positif setelah melakukan pengujian koefisiensi determinasi (R2). Setelah semua rangkaian pengujian dilakukan, penelitian ini membuktikan bahwa terpaan iklan berpengaruh terhadap brand awareness dan dalam kasus ini iklan tanggal kembar yang di miliki oleh Shopee dan brand awareness Shopee di kalangan mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Iklan; Brand Awareness; Iklan Tanggal Kembar |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:41 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:41 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |