Wijaya, Alexander (2019) Pengaruh Motif Penggunaan Media terhadap Kepuasan Anggota grup Facebook Komunitas Ojek Online Jakarta Raya / Alexander Wijaya / 61150311 / Pembimbing : Rizal Yussac. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
Cover.docx - Accepted Version Download (62kB) |
|
Text (Abstrak Indonesia)
ABSTRAK.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text (Abstract)
ABSTRACT.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (18kB) |
|
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 aplikasi.docx - Accepted Version Download (525kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB 2 aplikasi.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB 3 aplikasi.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan)
BAB 4 aplikasi.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 aplikasi.docx - Accepted Version Download (20kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (20kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Surat Pernyataan)
Originalitas.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini sendiri memiliki beberapa tujuan untuk menjelaskan pengaruh berbagai motif penggunaan media terhadap kepuasan anggota suatu komunitas yang diteliti dalam penelitian ini yaitu anggota grup facebook komunitas ojek online Jakarta raya. Penelitian ini meneliti 4 motif yaitu motif pengawasan, motif identitas personal, motif hubungan personal, dan motif pengalihan Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification yang menganggap bahwa media memenuhi kebutuhan dari khalayak dalam menggunakannya dan juga tujuan dari khalayak menggunakan suatu media. Menurut Mcquail terdapat motif pengawasan (Surveillance), motif identitas personal (personal identity), motif hubungan personal (personal relationship), dan motif pengalihan (diversion). Berbagai motif tersebut jika terpenuhi dapat menimbulkan kepuasan dari penggunanya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan teknik sampling purposive dengan menyebarkan kuisioner kepada 98 anggota grup facebook komunitas ojek online Jakarta raya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan rata-rata skor menunjukkan motif pengawasan memiliki pengaruh yang cukup terhadap kepuasan sebesar 16.5%, motif identitas personal memiliki pengaruh yang cukup terhadap kepuasan sebesar 49.1%, motif hubungan personal memiliki pengaruh yang cukup terhadap kepuasan sebesar 72.1%, motif pengalihan memiliki pengaruh yang cukup terhadap kepuasan sebesar 27.6%. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa motif hubungan personal memiliki pengaruh yang kuat signifikan terhadap kepuasan anggota grup facebook komunitas ojek online Jakarta raya. Sedangkan 3 motif yang lain memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap kepuasan anggota grup facebook komunitas ojek online Jakarta raya. Dari keempat dimensi tersebut memiliki pengaruh signifikan pada kepuasan anggota grup facebook komunitas ojek online Jakarta raya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen; Media Online; Ojek Online-Komunitas |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 12:32 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 08:33 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/66 |
Actions (login required)
View Item |