Sari, Selvia Winata (2021) Pengaruh Motif dan Penggunaan Channel Youtube Kuliner Terhadap Kepuasan dan Pengetahuan Memasak di Kalangan Komunitas Pemuda GBI Sunter / Selvia Winata Sari / 60160343 / Pembimbing: Dr. Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
bab 2.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
bab 3.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (961kB) |
|
Text (Resume)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari motif dan penggunaan terhadap efek yang didapat berupa kepuasan dan pengetahuan dari menonton video di channel Youtube. Apakah motif lebih berpengaruh terhadap efek kepuasan dan pengetahuan, atau penggunaan yang lebih berpengaruh terhadap efek kepuasan dan pengetahuan atau mungkin keduanya sama-sama berpengaruh terhadap efek kepuasan dan pengetahuan dari menonton video di channel Youtube. Teori yang digunakan adalah Teori Kegunaan dan Kepuasan. Peneliti menggunakan teori ini karena ingin mengetahui bagaimana masyarakat menentukan pilihan mereka untuk dijadikan tontonan. Di teori ini menyatakan bahwa khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Disini peneliti menggunakan model dari teori ini diantaranya motif yang terdiri dari motif informasi, identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan dan penggunaan media yang terdiri dari hubungan, macam isi, hubungan dengan isi. Serta efek kepuasan dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan survey. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner dengan ukuran sampel penelitian sebanyak dua ratus tiga puluh dua responden. Pengujian data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastistas) dan uji hipotesis (uji T, uji F, model regresi linier berganda, koefisien determinasi). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kuesioner yang digunakan valid dan reliabel, kemudian hasil kuesioner lolos uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil uji T menyatakan bahwa variabel motif dan penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable efek. Serta variable penggunaan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variable Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel motif dan variable penggunaan secara positif dan signifikan terhadap variable efek kepuasan dan pengetahuan. Dan saran dari penelitian ini adalah sebaiknya memprioritaskan variable penggunaan karena bobot tertinggi dan yang paling dominan adalah variabel penggunaan. Dan juga agar peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan dengan obyek berbeda atau dapat juga menambahkan sampelnya. Kata kunci: Motif, Penggunaan channel youtube, Kuliner, Kepuasan, Pengetahuan memasak
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Komunikasi; Kepuasan Konsumen; Pemasaran-Internet; Media Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 09:49 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 09:49 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |