Pengaruh Motif dan Penggunaan Channel Youtube Kuliner Terhadap Kepuasan dan Pengetahuan Memasak di Kalangan Komunitas Pemuda GBI Sunter / Selvia Winata Sari / 60160343 / Pembimbing: Dr. Imam Nuraryo

Sari, Selvia Winata (2021) Pengaruh Motif dan Penggunaan Channel Youtube Kuliner Terhadap Kepuasan dan Pengetahuan Memasak di Kalangan Komunitas Pemuda GBI Sunter / Selvia Winata Sari / 60160343 / Pembimbing: Dr. Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text (Resume)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari motif dan penggunaan terhadap efek yang didapat berupa kepuasan dan pengetahuan dari menonton video di channel Youtube. Apakah motif lebih berpengaruh terhadap efek kepuasan dan pengetahuan, atau penggunaan yang lebih berpengaruh terhadap efek kepuasan dan pengetahuan atau mungkin keduanya sama-sama berpengaruh terhadap efek kepuasan dan pengetahuan dari menonton video di channel Youtube. Teori yang digunakan adalah Teori Kegunaan dan Kepuasan. Peneliti menggunakan teori ini karena ingin mengetahui bagaimana masyarakat menentukan pilihan mereka untuk dijadikan tontonan. Di teori ini menyatakan bahwa khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Disini peneliti menggunakan model dari teori ini diantaranya motif yang terdiri dari motif informasi, identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan dan penggunaan media yang terdiri dari hubungan, macam isi, hubungan dengan isi. Serta efek kepuasan dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan survey. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner dengan ukuran sampel penelitian sebanyak dua ratus tiga puluh dua responden. Pengujian data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastistas) dan uji hipotesis (uji T, uji F, model regresi linier berganda, koefisien determinasi). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kuesioner yang digunakan valid dan reliabel, kemudian hasil kuesioner lolos uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil uji T menyatakan bahwa variabel motif dan penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable efek. Serta variable penggunaan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variable Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel motif dan variable penggunaan secara positif dan signifikan terhadap variable efek kepuasan dan pengetahuan. Dan saran dari penelitian ini adalah sebaiknya memprioritaskan variable penggunaan karena bobot tertinggi dan yang paling dominan adalah variabel penggunaan. Dan juga agar peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan dengan obyek berbeda atau dapat juga menambahkan sampelnya. Kata kunci: Motif, Penggunaan channel youtube, Kuliner, Kepuasan, Pengetahuan memasak

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Komunikasi; Kepuasan Konsumen; Pemasaran-Internet; Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 11 Jun 2021 09:49
Last Modified: 11 Jun 2021 09:49
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item