Tunggal, Nicholas (2019) Analisis Komparasi Tingkat Pelayanan Alfamart dan Indomaret Dengan Menggunakan Algoritma C4.5 / Nicholas Tunggal / 48140099 / Pembimbing : Supriyanto Karya. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
COVER.docx - Accepted Version Download (46kB) |
|
Text (Lembar Pengesahan)
Scan Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version Download (223kB) |
|
Text (Abstrak Indonesia)
ABSTRAK INDONESIA.docx - Accepted Version Download (16kB) |
|
Text (Abstract)
ABSTRACT ENGLISH.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version Download (23kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.docx - Accepted Version Download (27kB) |
|
Text (Bab 2 Landasan Teori)
BAB II.docx - Accepted Version Download (237kB) |
|
Text (Bab 3 Analisis Sistem Yang Berjalan)
BAB III.docx - Accepted Version Download (181kB) |
|
Text (Bab 4 Perancangan Program Yang Diusulkan)
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.docx - Accepted Version Download (17kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (16kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.docx - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Surat Pernyataan)
Originalitas.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya tingkat akurasi dalam pengolahan analisis tingkat kepuasan pelayanan dengan cara yang tradisional atau manual, kurangnya sistem yang menerapkan data untuk menghasilkan informasi tingkat kepuasan terhadap pelayanan alfamart dan indomaret. Salah satu manfaat yang bisa diberikan dari penelitian ini dapat membantu memberikan masukkan untuk pengembangan perusahaan ritel alfamart dan indomaret dalam berbagai kebijakan pemasaran maupun pembangunan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Dalam penerapannya, data mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik algoritma C4.5. Penelitian dilakukan dengan teknik kuesioner yang disebarkan kepada 1000 responden yang tercatat sebagai pelanggan alfamart dan indomaret. Data diolah dengan menggunakan software RapidMinerStudio dan ditampilkan dengan menggunakan software Microsoft Access. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukan, bahwa konsumen puas terhadap pelayanan alfamart dan indomaret dengan tingkat akurasi 98,6% dan termasuk dalam excellent classification dengan menggunakan confusion matrix.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data Mining; Kepuasan Pelayanan; Alfamart dan Indomaret; Algoritma C4.5; Rapid Miner; Microsoft Access |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 28 May 2020 03:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 07:09 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/33 |
Actions (login required)
View Item |