Delicia, Delicia (2013) Retorika Visual Citra Perusahaan dalam Iklan BCA 55 Tahun Senantiasa di Sisi Anda (Berdasarkan Semiotika Ferdinand de Saussure) / Delicia / 69090067 / Pembimbing : Deavvy MRY Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (962kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (863kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan merupakan salah satu cara komunikasi pemasaran untuk membangun citra merek dan organisasi. Hal itu pula yang dilakukan oleh PT. Bank Central Asia Tbk. Pada ulang tahun ke-55, BCA memasang iklan korporat ‘Senantiasa di Sisi Anda’. Iklan ini sangat menonjolkan tampilan secara visual. Visual yang ditampilkan sangat detail. Tentunya seluruh detail visual tersebut tidak serta merta digunakan begitu saja tanpa memiliki tujuan pembentukan makna. Oleh karena itulah peneliti ingin meneliti tentang visual retorik corporate image dalam iklan BCA 55 tahun ‘Senantiasa di Sisi Anda’ berdasarkan teori analisis semiotik Saussure. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Saussure. Teori semiotika Saussure menjelaskan bahwa suatu objek visual (penanda/signifier) dapat menimbulkan kesan mental (petanda/signified). Berdasarkan hubungan antara penanda dan petanda itulah dapat diketahui bagaimana makna yang terbentuk melalui penggunaan objek visual tersebut. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-eksplanatif. Peneliti akan mengumpulkan data dengan melakukan studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan karena peneliti ingin mendapatkan data yang bersifat mendalam. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa objek visual dalam iklan BCA 55 tahun ‘Senantiasa di Sisi Anda’ tergolong retorika visual dan menimbulkan konsep mental berupa memori, warisan, perasaan damai dan tentram, serta teknologi dan inovasi. BCA ingin mengingatkan bahwa BCA selalu menemani konsumen dari generasi ke generasi. Perubahan tagline merupakan suatu tanda adanya perluasan citra. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa iklan BCA 55 tahun ‘Senantiasa di Sisi Anda’ memanfaatkan objek visual (signifier) untuk menimbulkan kesan mental (signified) tertentu. Berdasarkan hubungan antara signifier dan signified, dapat diketahui makna mengenai bagaimana BCA selalu hadir di setiap sisi kehidupan nasabah. Citra yang disampaikan adalah tentang BCA sebagai bank yang berorientasi pada konsumen.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan; Retorika Visual; Citra Merek BCA; Retorik Corporate Image; Iklan BCA 55 Tahun; Senantiasa di Sisi Anda; Semiotika Ferdinand de Saussure |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Public Relations |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3762 |
Actions (login required)
View Item |