Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017 / Helena Deviani / 22150374 / Pembimbing : Abdullah Rakhman

Deviani, Helena (2019) Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017 / Helena Deviani / 22150374 / Pembimbing : Abdullah Rakhman. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
COVER.docx - Accepted Version

Download (104kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.png - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx - Accepted Version

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx - Accepted Version

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx - Accepted Version

Download (79kB)
[img] Text
BAB III.docx - Accepted Version

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.docx - Accepted Version

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version

Download (94kB)
[img] Image (Pernyataan Originalitas)
ORIGINALITAS.png - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan menjadi salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Apabila perusahaan memiliki nilai yang tinggi, maka akan diikuti pula oleh tingginya kemakmuran pemegang saham. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang digunakan adalah ukuran perusahaan, likuiditas, dan profitabilitas. Teori yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah signaling theory. Teori ini menjelaskan bagaimana seharusnya perusahaan mampu memberikan informasi bagi pihak pengguna laporan keuangan. Dorongan perusahaan untuk memberikan informasi adalah karena terdapatnya asimetri informasi antara manajer perusahaan dan pihak luar perusahaan. Salah satu cara untuk mengurangi asimetri informasi tersebut adalah dengan memberikan signal pada pihak luar, berupa informasi keuangan yang positif dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 27 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian pooling data, pengujian asumsi klasik, serta pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20 dan SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, likuiditas memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh secara positif terhadap nilai perusahaan consumer goods, sedangkan hasil dari likuiditas merupakan hasil yang inconclusive

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Saham; Profitabilitas; Likuiditas; Nilai Perusahaan; Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:48
Last Modified: 18 Mar 2021 04:45
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item