Motif dan Kepuasan Penggunaan Food Blogger Eatandtreats di Kalangan Followersnya / Cindy Kristianti / 69120249 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Kristianti, Cindy (2016) Motif dan Kepuasan Penggunaan Food Blogger Eatandtreats di Kalangan Followersnya / Cindy Kristianti / 69120249 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (878kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (838kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, pemenuhan kebutuhan khalayak akan media massa semakin besar. Dengan demikian bermunculanlah beragam media yang dapat memenuhi kebutuhan khalayak tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Salah satunya internet menawarkan kemudahan dalam mencari suatu informasi secara cepat dan luas. Dari hal tersebut muncul media sosial yang merupakan salah satu produk atau platform dan motif sehingga dapat membantu penggunanya dalam memenuhi kebutuhan sesuai yang dibutuhkan. Food blogger eatandtreats yang merupakan bagian dari media sosial menjadi media yang digunakan untuk khalayak yang menyukai makanan sebagai sarana untuk mencari informasi. Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besarkah tingkat kepuasan dari followers food blogger eatandtreas. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification sebagai middle teori dengan model Expectancy Values sebagai landasan teori. Dengan teori ini peneliti akan membahas mengenai bagaimana tingkat kepuasan followers food blogger eatandtreats, yang diukur dengan melihat aspek motif (Gratification Sought) dan aspek kepuasan (Gratification Obtained). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survei komparatif. Obyek penelitiannya adalah food blogger eatandtreats di kalangan followersnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilitas yang menggunakan Purposive Sampling sebagai teknik yang digunakan. Hasil data kuesioner yang telah dibagikan kepada responden mendapatkan hasil yang valid dan reliable. Namun data yang ada tidak berdistribusi normal, sehingga peneliti menggunakan teori limit pusat sebagai landasan untuk mengelola data yang lebih dalam. Pengelolaan data dilakukan dengan mencari rata – rata setiap aspek motif dan kepuasan, lalu dibagi dan akan menghasilkan tingkat kepuasan. Pengolaan data dilanjutkan dengan hipotesis uji T dan uji F untuk mengetahui aspek mana yang lebih dominan dalam menggunakan food blogger eatandtreats tersebut. Berdasarkan hasil pengolaan data, didapatkan hasil bahwa food blogger eatandtreats sebagai media yang diteliti mendapatkan hasil bahwa GS > GO. Dengan nilai rata – rata motif 3,78 dan nilai rata – rata kepuasan 3,50. Menurut model Expectancy Values oleh Philip Palmgreen apabila GS lebih besar dari GO maka dinyatakan bahwa terjadi kesenjangan kepuasan dan media dinyatakan tidak memuaskan khalayak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Media Massa; Media Sosial; Internet; Pengikut; Kuliner; Food Blogger; Eatandtreas; teori Uses and Gratification; model Expectancy Values
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:24
Last Modified: 01 Mar 2023 07:24
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item